Website Proceeding merupakan website resmi Universitas Pekalongan diperuntukan untuk Publikasi Proseding yang diterbitkan Oleh Lembaga Unikal Perss Universitas Pekalongan.

Journals

  • International Conference Universitas Pekalongan 2021

    Prosiding ini dihasilkan dari International Conference Universitas Pekalongan 2021 dengan tema Looking at the implication and Solutions in the Time of Pandemic through the Social, Economic, Educational, Health and Legal Points of View and Perspectives yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai perwujudan kerjasama dan bentuk kolaborasi nyata antara Universitas Pekalongan dengan Universitas Mitra di Luar Negeri yaitu Universiti Brunei Darussalam (UBD), An Giang University (AGU) Vietnam, Kalasin University (KSU) Thailand dan Victoria University of Wellington (VUW) New Zealand. Tujuan dari penyelenggaraan konferensi ini adalah untuk mendapatkan beberapa solusi untuk menghadapi pandemi Covid-19 baik dari ilmu sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan hukum. Dengan pembicara dari lima negara, kegiatan ini memberikan wawasan terkait bagaimana dampak pandemi di lima negara tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga ditargetkan untuk dapat mendorong publikasi internasional dari seluruh civitas akademika Unikal dan PT Mitra Luar Negeri. Kegiatan ini memfasilitasi dosen Unikal untuk mempublikasikan makalahnya tidak hanya dalam prosiding international ber-ISBN tetapi juga dalam jurnal internasional terakreditasi

  • Seminar Nasional Penguatan Ketahanan Keluarga Dimasa Pandemi Covid-19

    Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) merupakan kasus baru di bidang kesehatan yang memiliki beragam dampak diantaranya adalah dampak biologis, psikologis, ekonomi, sosial budaya, spiritual, pendidikan dan dampak lainnya. Pandemi ini terjadi akibat aktivitas virus yang menginfeksi dengan cepat dari individu yang satu ke individu yang lainnya secara masif dan tanpa disadari telah memperluas jangkauan infeksi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengendalikan pandemi ini, salah satunya adalah dengan penguatan ketahan keluarga.


    Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak pada lingkungan masyarakat luas dan tentunya sangat berdampak pada lingkungan sosial terkecil yaitu keluarga. Beberapa perubahan yang dialami oleh keluarga diantaranya adalah pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial, dan lainya sehingga mempengaruhi seluruh anggota keluarga.   Keluarga merupakan unit sosial terkecil di masyarakat, namun keluarga memiliki peran besar dalam keberhasilan mengendalikan pandemi Covid-19.


    Peningkatan jumlah kasus dan meluasnya penyebaran kasus Covid-19 menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan sebagai upaya untuk melindungi keluarga dari penularan Covid-19. Kebijakan tersebut diantaranya adalah penggunaan masker, cuci tangan, penutupan sekolah, Work from Home (WFH), Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), physical distancing, dan pembatasan lainnya. Peran keluarga dalam menerapkan kebijakan tersebut sangat besar, oleh karena itu penguatan fungsi keluarga diantaranya sebagai fungsi perlindungan, pendidikan, fungsi sosial, harus terus ditingkatkan sebagai upaya mengendalikan pandemi Covid-19.


    Penanganan Covid-19 memerlukan peranan dari berbagai bidang keahlian, diantaranya adalah Kesehatan Masyarakat. Peran tenaga Kesehatan Masyarakat sangat penting dalam pengendalian Covid-19 khususnya pada level masyarakat untuk melakukan komunikasi risiko dan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan, melakukan contact tracing, penyelidikan kasus, serta pemberdayaan masyarakat.


    Salah satu peran Universitas Pekalongan dalam pengendalian Covid-19 adalah melalui kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan dengan tema Penguatan Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk meningkatkan literasi Kesehatan dan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahamanan dalam upaya pengendalian Covid-19.

  • Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020

    Konferensi Ilmiah Pendidikan merupakan pertemuan ilmiah tingkat nasional yang digunakan sebagai sarana diskusi dan publikasi ide-ide terkini dalam dunia pendidikan. Konferensi yang terselenggara pada tanggal 19 Februari 2020 ini mengambil tema "Meneropong wajah Indonesia di Era Merdeka Belajar". Konferensi ini diikuti oleh 60 pemakalah dan 130 peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa FKIP Universitas Pekalongan dan beberapa dari universitas lain. 


    Adapun prosiding ini merupakan kumpulan dari semua makalah yang dipresentasikan pada event tersebut. Terdapat 60 artikel yang dimuat dalam prosiding ini yang berasal dari berbagai bidang di antaranya adalah bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris. Kesemuanya merupakan gagasan dan ide-ide terkini dan buah pemikiran dari anak bangsa yang peduli akan pendidikan di Indonesia. 

  • Seminar Nasional Pangan, Energi, dan Lingkungan 2015 (SNPEL 2015)

    PROSIDING SEMINAR NASIONAL PANGAN, ENERGI, DAN LINGKUNGAN 2015 merupakan wadah untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Pangan, Energi dan Lingkungan tahu 2015 yang diadakan oleh LPPM Universitas Pekalongan bekerja sama dengan Universitas Jendral Soedirman dan Persatuan Insinyur Indonesia. 

  • ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan)

    ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) merupakan wadah publikasi hasil penelitian, ide, dan gagasan peneliti dan praktisi di bidang pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan. Semua artikel yang dipublikasikan melalui prosiding ini telah melalui proses review dan telah dipresentasikan pada dalam Sandika (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) Unikal. ProSANDIKA UNIKAL terbit setiap setahun sekali pada bulan Januari pada tahun setelah pelaksanaan SANDIKA Unikal.

  • NATIONAL SEMINAR OF PBI (English Language Education)

    National Seminar of PBI (English Language Education) “The Policy of ELT in Indonesia: Theory, Beliefs, and Practices” All rights reserved. Apart from dealing for the aims of study, research, criticisms, or review as permitted under the copyright legislation. No part of this book may be reproduced, reprinted, transmitted in any form by means of electronic, mechanical or others without any permission from the English Department of Teacher Training and Education Faculty of Pekalongan University.

  • International Nursing Conference on Chronic Diseases Management

    August 7th – 8th 2019
    Pekalongan, Central Java, Indonesia

    The International Nursing Conference on Chronic Disease Management is the first event held by the Nursing Study Program at the Faculty of Health Sciences, Pekalongan University. This event involved 4 countries from Malaysia, Thailand, Taiwan, Brunei Darussalam which was attended by participants from public and health students. ISSN Number Media Online Publication website of International Conference on Chronic Disease Management
    Chronic disease is defined as a human experience of illness and suffering at least six months. It may affect a person’s mobility, independence, way of life, self perception, and interpersonal relationship.Chronic disease has killed 41 million people each year, the equivalent of 71% of all deaths globally (WHO, 2018).Its estimates that at least 70% of deaths from chronic diseases (diabetes, heart disease, and stroke) in 2020 is projected to occur in the developing countries (Statista, 2019).
    Globally, chronic diseases are threatening progress towards 2030 Agenda for sustainable development (Sustainable Development Goals/SDGs) adopted by all Member States of the United Nations by the year 2015. Heads of State and Government of the Member States are committed to developing an ambitious national response, in the year 2030, to reduce one third of premature deaths from chronic diseases/disease is not contagious through prevention and treatment ( target SDG 3.4) (WHO, 2019).

  • Job Outlook Mencari Atribut Ideal Lulusan Perguruan Tinggi

    Prosiding Seminar Nasional Job Outlook Mencari Atribut Ideal Lulusan Perguruan Tinggi dengan tema “Mempersiapkan Mahasiswa Memasuki Era Revolusi Industri 4.0” telah dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2018 di Aula Gedung C Lantai 3 Universitas Pekalongan. Seminar ini diselenggarakan sebagai media sosialisasi hasil penelitian dari lintas keilmuan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang
    memiliki daya kreativitas dan inovasi dalam upaya menyongsong era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Job Outlook Mencari Atribut Ideal Lulusan Perguruan Tinggi dijadikan sebagai media tukar-menukar informasi dan pengalaman, ajang diskusi ilmiah, peningkatan kemitraan di antara peneliti dengan praktisi, antara dosen dengan mahasiswa, mempertajam visi pembuat kebijakan dan pengambil keputusan untuk peningkatan kurikulum sesuai dengan tuntutan stakeholders, serta peningkatan kesadaran kolektif terhadap pentingnya peran pendidikan dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

  • PERTEMUAN ILMIAH BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (PIBSI)

    Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) merupakan suatu ajang bagi para dosen, mahasiswa S1/S2/S3, peneliti, praktisi, dan pemerhati bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasikan dan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian serta hasil pemikiran di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. PIBSI merupakan pertemuan tahunan yang diadakan secara bergantian oleh perguruan tinggi yang menjadi anggota komunitas PIBSI. Peserta kegiatan Seminar Nasional PIBSI adalah seluruh Dosen PBSI dan secara khsusus Dosen anggota PIBSI yang berjumlah 124 orang. Kegiatan Seminar Nasional PIBSI ini diharapkan membangun dinamisasi ilmiah yang terbentuk dari budaya kajian ilmiah antara dosen dan terbentuknya kerjasama antar dosen baik PTN mauun PTS se-Jateng dan DIY.

  • Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Pekalongan Ke-37

    Seminar Nasional dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Wilayah Pantura dalam rangka penguatan ekonomi kreatif di era revolusi industri 4.0”. Seminar  Nasional ini merupakan kerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Tegal dan merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Unikal yang ke-37.


    Perkembangan industri 4.0 erat hubungannya dengan modernisasi dan kemajuan teknologi menjadi sebuah momen dimana banyak usaha skala besar,  menengah bahkan kecil harus berpacu untuk dapat bersaing dengan baik dan bertahan. Menghadapi era industri 4.0 pelaku usah terutama UMKM harus mampu beradaptasi agar dapat bersaing secara komperehensif ataupun unggul dengan memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi digital yang ada. Selain itu kreativitas juga sangat diperlukan dalam pengembangan usaha.