PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA TRANSISI PASCA PANDEMI COVID-19

  • Nur Hidayah Sari Universitas Pekalongan
Keywords: teknologi, pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran matematika

Abstract

ABSTRAK

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran matematika pada masa transisi pandemi covid-19. Metode penulisan yang dipaparkan pada tulisan ini didasarkan pada analisis literatur yang relevan, yang bersumber baik dari jurnal dan dokumen mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran matematika. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran teknologi digital dalam pembelajaran matematika tidak dapat menggantikan peran guru. Sebaliknya, teknologi bertujuan untuk membantu memudahkan peran guru dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam bermatematika. Terdapat dua aspek kajian dan orientasi pembelajaran matematika, yaitu: (1) aspek penguasaan ilmu matematika, dalam hal ini teknologi dapat berperan sebagai alat yang efisien untuk mempercepat penyelesaian masalah matematika. (2) aspek keterampilan bermatematika, dalam hal ini teknologi akan berperan sebagai perangkat pembelajaran untuk membantu siswa menemukan konsep matematika dan hubungan-hubungan di dalamnya guna mengembangkan pemahaman konsep siswa tentang matematika. Pada aspek kedua inilah yang diharapkan dari peran teknologi dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci : teknologi, pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran matematika.

ABSTRACT

The recent study intends to describe the use of digital technology in learning mathematics during the transition period of the covid-19 pandemic. The writing method presented in this paper is based on an analysis of the relevant literature, sourced from both journals and documents regarding the use of digital technology in mathematics learning. From the discussion, it can be concluded that the role of digital technology in learning mathematics cannot replace the role of the teacher. On the other hand, technology intends to help facilitate the teacher's role in improving students' conceptual understanding and developing students' thinking skills in mathematics. There are two aspects of the study and orientation of mathematics learning, such as: (1) the aspect of mastery of mathematics, in this case technology can act as an efficient tool to accelerate the solving of mathematical problems. (2) aspects of mathematical skills, in this case technology will act as a learning tool to help students find mathematical concepts and the relationships in them in order to develop students' conceptual understanding of mathematics. This second aspect is expected from the role of technology in learning mathematics.

Keywords: technology, the role of digital technology, mathematics learning.

Published
2022-09-19