STUDI LITERATUR: PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI ERA MERDEKA BELAJAR

  • Aini Zulfa Izza Universitas Pekalongan
  • Mufti Falah Universitas Pekalongan
  • Siska Susilawati Universitas Pekalongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa terdapat permasalahan pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Berdasarkan hasil pembahasan, evaluasi pembelajaran merupakan proses pengumpulan data  untuk menentukan kualitas pembelajaran, mengetahui sejauh mana tujuan pendidikan sudah tercapai rangka mengambil suatu keputusan. Tujuan pendidikan mengarah pada pengembangan potensi siswa, yang mana dalam proses pencapaiannya diperlukan evaluasi yang tepat. Evaluasi di era merdeka bealajar merupakan pelaksanaan evaluasi di mana siswa dan guru bebas berfikir, berinovasi, dan kreatif. Evaluasi yang dilaksanakan bisa memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Adanya kemerdekaan atau kebebasan guru mengevaluasi tentunya berdasar kompetensi guru bukan karena unsur keuntungan pribadi. Sementara bagi siswa, evaluasi di era merdeka belajar berperan sebagai perantara untuk mewujudkan tujuan pendidikan, mengembangkan potensi siswa sebagai peserta didik. Setiap guru harus paham dengan fungsi dan tujuan evaluasi ini. Namun, realitanya masih ada beberapa guru yang tidak memperhatikan dan peduli terkait hal ini.

Published
2020-05-28