MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Kholid Syah Rizal Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta
  • Padrul Jana Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Group Investigation, Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Grup Investigation (GI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri Buluspesantren yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran guru dan siswa juga mengalami kenaikan untuk setiap siklusnya. Selain itu, hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Grup Investigation meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dilihat dari kenaikan persentase hasil ujian siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari siklus pertama dan siklus kedua. Kenaikan juga terkonfirmasi dari capaian masing-masing indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Sehingga, model pembelajaran Grup Investigation dengan melaksanakan semua tahapan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP.
Published
2020-01-05