MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BIPA DI UNIVERSITAS PEKALONGAN

  • Erwan Kustriyono Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
  • Hanindya Restu Aulia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
  • Afrinar Pramitasari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
Keywords: BIPA, Merdeka Belajar, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan pentingnya pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan; (2) Mendeskripsikan pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan; dan (3) Mendeskripsikan implementasi kebijakan merdeka belajar dalam pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Universitas Pekalongan menjadikan Pembelajaran BIPA sebagai mata kuliah wajib di Prodi PBSI agar lulusannya mampu bersaing hingga kancah Internasional; (2) Pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan berjalan dengan baik dengan merujuk pedoman dari APPBIPA; (3) Merdeka belajar diimplementasikan dalam Pembelajaran BIPA berupa hak untuk merencanakan serta menyelenggarakan pembelajaran sesuai kebutuhan pelajar dan kemampuan pengajar.
Published
2020-05-01