PENELITIAN PENERAPAN PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER MENUNJANG TEREALISASINYA MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN

  • Hanif Naufal Universitas Pekalongan
  • Indika Irkhamni Universitas Pekalongan
  • Milda Yuliyani Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis Sistem Kredit Semester, Program Medeka Belajar, SMA Negeri 1 Pekalongan

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) mendeskripsikan penerapan program SKS yang dikeluarkan oleh pemerintah, (2) mendeskripsikan penerapan program SKS yang diterapkan di SMA Negeri 1 Pekalongan, dan (3) mendeskripsikan apakah program SKS sudah sesuai dengan Program Merdeka Belajar yang diinginkan oleh pemerintah. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik studi pustaka. Sebagai bahan analisis, penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis dari teknik observasi dan teknik wawancara menunjukkan bahwa 1) SMA Negeri 1 Pekalongan telah menerapkan program SKS mulai tahun ajaran 2019/2020 kepada peserta didik kelas X, 2) pelaksanaan SKS belum optimal karena masih dalam tahap transisi dan masih ada campuran dengan program paket, 3) program SKS masuk ke arah dan lebih mudah diarahkan ke Program Merdeka Belajar, mesikupun belum optimal. Proses pembelajaran yang dilakukan pada program SKS dengan merancang pengembangan silabus, pengembangan RPP, dan pengembangan UKBM yang dirancang oleh guru. UKBM digunakan sebagai bahan ajar yang didalamnya terdapat peta konsep, KD yang harus dikuasai, materi, contoh soal, dan latihan. Standar dari ketuntasan peserta didik setiap mata pelajaran dilihat dari semua UKBM yang harus diselesaikan dari mata pelajaran tersebut.
Published
2020-06-01