MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT (PPT) INTERAKTIF PADA MATERI PERBANDINGAN

  • Feni Fitriyani Universitas Pekalongan
  • Martina Setya Puteri Universitas Pekalongan
  • M. Arroqil Ilmi Universitas Pekalongan
Keywords: Powerpoint, Pembelajaran Interaktif, Perbandingan

Abstract

Pembelajaran berbasis daring masih menjadi momok dalam dunia Pendidikan di Indonesia ini, penerapan pembelajaran daring dalam masa pandemi ini menuntut kesiapan dari berbagai pihak khususnya para guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint sebagai pendukung dalam pembelajaran matematika di sekolah terutama pada materi perbandingan dengan cara mencari kevalidan dari media pembelajaran interaktif yang dibuat oleh peneliti. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dan dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan instrumen yang digunakan adalah angket uji validitas media pembelajaran interaktif untuk ahli media dan ahli materi. Aspek yang dinilai oleh ahli media adalah aspek penilaian dan pemrograman sedangkan aspek yang dinilai oleh ahli materi adalah konsep materi perbandingan. Hasil dari penelitian ini dihitung menggunakan skala likert, dengan menggunakan perhitungan tersebut kevalidan dari penelitian ini memperoleh presentase rata – rata validasi ahli media dan ahli materi sebesar 81,18% yang artinya ada pada kategori sangat valid yang menunjukkan bahwa secara konsep materi, penilaian, dan pemrograman, media yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi perandingan.