PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Indika Irkhamni Universitas Pekalongan
  • Aini Zulfa Izza Universitas Pekalongan
  • Wilda Tsaniya Salsabila Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Canva, E-Modul, Minat Belajar Peserta Didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi canva sebagai upaya menguatkan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi kepustakaan (libraray research). Adapun sumber kepustakaan dalam penelitian ini adalah jurnal dan buku yang berjudul serupa dengan penelitian ini. Salah satu inovasi pengembangan bahan ajar dapat berupa e-modul. Pada pembuatan e-modul sebagai bahan ajar matematika dapat dibuat melalui aplikasi canva. Aplikasi canva termasuk salah satu aplikasi online yang bisa bersifat gratis atau berbayar. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mendesaian media pembelajaran dengan beberapa templat yang menarik, sajian bentuk, gambar, warna, dan huruf yang lebih bervariasi. Adapun cara menggunakan aplikasinya, yaitu dengan membuat akun canva, mendesain, memilih background, mengedit background, menambahkan teks, mengunduh atau membagikan desain. Dengan memanfaatkan aplikasi canva, pendidik dapat membuat e-modul bahan ajar matematika yang lebih menarik. Oleh karena itu, melalui e-modul mata pelajaran Matematika yang menarik sehingga dapat menguatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran jarak jauh.