ANALISIS KESALAHAN KONTRUKSI SINTAKSIS DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIRADESA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Faizah Achsan Universitas Pekalongan
Keywords: Kualitatif, Analisis Kesalahan Berbahasa, Karangan Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan tentang kebahasan terutama pada objek penulisan karangan narasi. Peneliti melakukan penelitian di kelas VIII SMP , dengan alasan siswa tersebut baru saja memasuki jenjang pendidikan baru setelah menempuh pendidikan sekolah dasar (SD). Sehingga dengan adanya penelitian ini, guru dapat menspesifikasikan materi yang belum dikuasai oleh siswa. Sehingga untuk pembelajaran selanjutnya guru lebih menekankan tentang kelemahan pada materi yang tidak dikuasai para siswa. Penguasaan materi ini difokuskan pada bidang analisis kesalahan berbahasa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wiradesa , letaknya di Kabupaten Pekalongan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pengambilan data di sekolah. Kesimpulan dan hasil penelitian ini sebagai berikut. Ditemukan kesalahan berbahasa pada tataran morfologi sebanyak 10 kesalahan. Kemudian kesalahan pada tataran sintaksis sebanyak 24. Kesalahan berbahasa tataran wacana sebanyak 3 kesalahan. Kesalahan berbahasa tataran EYD sebanyak 42 kesalahan. Berdasarkan analisis hasil yang telah dilakukan, kesalahan terbanyak dilakukan pada kesalahan berbahasa tataran EYD. Kesalahan yang ditemukan terdapat pada kesalahan penulisan huruf kapital atau huruf besar. Kesalahan tersebut ditemukan sebanyak 24 kesalahan. Selain itu penulisan kata baku merupakan kesalahan yang banyak ditemukan yaitu berjumlah 15