PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH KAPITA SELEKTA BAHASA INDONESIA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

  • Khusnul Khotimah Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Portofolio, Kapita Selekta, Bahasa Indonesia

Abstract

Mata kuliah kapita selekta pada mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal semester VI mengalami hambatan dalam proses pembelajaraannya. Maka perlu adanya penelitian yang dilakukan untukmeningkatkan proses pembelajaran kapita selekta bahasa Indonesia pada mahasiswa semester VI PBSI Universitas Pancasakti Tegal melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning).Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan pada peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran kapita selekta bahasa Indonesia mahasiswa prodi PBSI Universitas Pancasakti Tegal semester VI kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Jumlah populasi sampel 46 mahasiswa dengan tiap-tiap kelasberjumlah 23 mahasiswa. Tes diadakan sebelum mahasiswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswamemperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas,dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t dilakukan pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05)dengan derajat kebebasan, dk = (N1-1)+(N2-1), diperoleh t hitung = 13,47 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada diperoleh hasil yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwamodel portofolio efektif dalam pembelajaran Kapita Selekta Bahasa Indonesia mahasiswa kelas VI PRODI Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Tegal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budimansyah, D. 2002. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Indriyani,Yuni. 2006. Penerapan model pembelajaran Berbasis Portofolio pada mata pelajaran Ekonomi. Jurnal_Ekop_Vol_1_No_2%2C_Juli_2006.pdf.

Popham W. 1995. Clasroom Assesment What Teacher Need to Know. Boston: Simon & Schuster Company.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sarwono, Jonathan. 2013. Strategi Melakukan Riset. Yogyakarta: Andi Offset.

Taniredja, Tukiran, dkk. Model –model pemebelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.