KAJIAN TEKS PROSEDUR DAN TEKS EKSPLANASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK DALAM PERSPEKTIF KARAKTER PROFETIK

  • Yustinah Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Keywords: kajian teks prosedur, kajian teks eksplanasi, pembelajaran bahasa Indonesia SMK

Abstract

Permasalahan yang dibahas di sini adalah kajian teks prosedur dan teks eksplanasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMK dalam perspektif karakter profetik. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan teks prosedur dan teks eksplanasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Kajian teks prosedur dan teks eksplanasi pada pembelajaran bahasa SMK masih sekadar sebagai pengetahuan kebahasaan dan pemenuhan tuntutan kurikulum. Selain itu belum adanya integrasi antara materi pembelajaran teks prosedur dan teks eksplanasi dengan karakter peserta didik yang kelak dipersiapkan sebagai tenaga kerja di zamannya.Pembahasan makalah ini bertujuan untuk memberikan gambaran kajian teks prosedur dan teks eksplanasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 edisi KI-KD 2017. Hal ini dimaksudkan sebagai wahana pengembangan kompetensi peserta didik SMK dalam perspektif karakter profetik yang selanjutnya dimaksudkan untuk menunjang kompetensi keahlian peserta didik di bidangnya.Pembahasan dapat dimanfaatkan sebagai pemberian informasi terbaru mengenai kajian teks prosedur dan teks eksplanasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMK dalam perspektif karakter profetik. Selain itu dimanfaatkan juga sebagai penunjang kompetensi keahlian peserta didik SMK sesuai dengan jurusan yang dipilihnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yustinah, Mahasiswa Pascasarjana UNNES

Yustinah
Mahasiswa Pascasarjana UNNES

[email protected]

References

Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Type Text In English 1. Australia: Macmillan Education Australia RTY LTD.

Baridwan, Zaki. 2002. Sistem Akuntasni Penyusunan Prosedur dan Metode. Yogyakarta: Akademika YKPN

Blake Education. 1999. Targetting Text Upper Level. Singapura: Green Giant Press.

Derewianka, B. 2004. Exploris How Text Work. Australia: Primary English Teaching Association.

Emilia, E.. 2012. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi Press.

Gerot, L. & Wignell, P. 1995. Making Sense of Functional Grammar. NSW: Antipodean Educational Enterprises.

Juply, D. 2011. “Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Genre”. Makalah. PPM Pelatihan English For Academic Purpose Bagi Tenaga Kesehatan di Wilayah Kabupaten Sleman Di Puskesmas. Depok II, 22-24 Agustus.

Irfani. I. 2016. Upaya Peningkatan Kemahiran Menyususn Teks Eksplanasi Secara Tertulis dengan Model Pembelajaran Berbasis Tema pada Siswa Kelas VII SMP Pelita Nusantara Tanjung Pinang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tanjung Pinang: PBSI FKIP Universitas Texts Recognising and Creating Procedures, Explanations, Recounts and Description. Greenwood: Ready Ed Publication .

Isnatun, S. & Farida, U. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Keir, J. 2009. Text Type Book 3 Informative Abdullah, Abd al-Rahman Saleh. t.t. Educational Theory a Qur’anic Out Look.Makkah al-Mukarramah: Ummu alQura Univercity. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Profetik 249

Kemdikbud. 2016. Bahasa Indonesia Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Perbukuan, Balitbang

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks: Analisis, Fungsi, Struktur dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Knapp, P. & Watkins, M. 2005. Genre, Text, Grammar: Technology for Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maryanto, dkk. 2013. Buku Guru Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.

Maryati, MC. 2008. Manajemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta: UPPP STIM YKPN.

Mulyadi.(Ed.). 2001. ‘Sistem Akuntansi’. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi, Y. & Danaira, F. 2013. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Nuraida, I. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran.Yogyakarta: Kanisius.

Pardiyono. 2007. Pasti Bisa, Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Priyatni, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesias dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Restuti, & Kosasih, E. 2013. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Suwarni, S. & Suryani, E. 2017. Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Tim Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Wardiman, et. al. 2008. English in Focus for Grade VII Junior High School. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Whitfield, M. 2011. Targetting Text Writing Accross Curriculum Upper Primary. Sydney: Globe NSW.

Wulandari, M. Y., Sulissusiawan, A., & Syambasril. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kurikulum 2013 pada Siswa SMA Kemala Bhayangkari Kabupaten Kubu Raya. Pontianak: Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNTAN.
Zuhairini dkk. 1977. M etodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasio