Kajian korelasional kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan hasil uji kompetensi guru di Kabupaten Banjarnegara

  • Akhmad Saheri Sekolah Dasar Negeri 2, Mandiraja Kulon, Kabupaten Banjarnegara
  • Furqanul Aziez Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah
Keywords: rencana pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran bahasa Indonesia, uji kompetensi guru

Abstract

Kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kemampuan melaksanakan pembelajaran merupakan dua hal yang penting dikuasai guru, apalagi jika kedua hal tersebut dikaitkan dengan performansi mereka pada uji kompetensi guru (UKG). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan guru menyusun RPP, (2) mengetahui kemampuan melaksanakan pembelajaran, (3) mengetahui hasil UKG, (4) mengetahui korelasi antara kemampuan menyusun RPP dengan hasil UKG (5) mengetahui korelasi antara kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan hasil UKG, dan (6) mengetahui korelasi antara kemampuan menyusun RPP dan kemampuan melaksankan pembelajaran dengan hasil UKG di antara guru-guru sekolah dasar yang mengajar bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional, dengan instrumen lembar penilaian untuk mengumpulkan data tentang tingkat kemampuan menyusun RPP, lembar pengamatan untuk data tentang kemampuan melaksanakan pembelajaran dan dokumentasi untuk data tentang hasil UKG. Penelitian dilaksanakan Kabupaten Banjarnegara, dengan mengambil sampel di Kecamatan Mandiraja. Sampel berjumlah 42 orang dari populasi yang berjumlah 288 guru yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Analisis data menggunakan rumus statistik deskriptif persentase dan korelasi Pearson Product Moment dengan α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan (1) skor rata-rata kemampuan menyususn RPP adalah 69,36 dengan tingkat ketercapaian 70% dan masuk dalam kategori Baik, (2) skor rerata kemampuan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia mencapai 70,20 dengan tingkat ketercapaian 70% yang masuk dalam kategori Baik, (3) nilai UKG tertinggi mencapai 92,26 dan terendah 41,67 dengan rata-rata 66,86, yang masuk dalam kategori Baik, (4) ada keterkaitan sangat kuat antara kemampuan menyusun RPP dengan hasil UKG dengan koefisien korelasi sebesar 0,988, (5) ada keterkaitan antara kemampuan melaksanakan pembelajaran dan hasil UKG dengan angka koefisien korelasi 0,935, dan (6) ada keterkaitan kuat antara kemampuan menyusun RPP dan kemampuan melaksanakan pembelajaran, dengan hasil UKG, dengan koefisien korelasi sebesar 0,975.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al- Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual. Jakarta : Prenadamedia Group

Hernawan, Asep Herrry, dkk 2005.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : Pustaka Billah.

Heryadi, Dedi. 2013. Statistika Praktis untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: Unsil

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Krama Widya

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Putra, Sitiya Tafa Rizema. 2013.Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Priyatni, Endah Tri.2014. Desain Pembelajaran Bhasa Indonesia Dalam Kurikiulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. 2014. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesioanalisme Guru Edisi Kedua Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Schunk, Dale H. 2012. Learning Teories an Educational Perspretive Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparman, M, Atwi.2014. Desain intruksional Modern. Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, Mrtinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivisme. Jakarta: Referensi

Kuntjojo, 2015 Metodologi Penelitian. https;//ebekunt.fiks.word press.com. Diakses tanggal 11 April 2015

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: BSNP

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen