EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

  • Suci Rizkiana Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sukirno Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Joko Purwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: menulis, teks ekposisi, media audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Purworejo melalui media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas X-1 SMA N 5 Purworejo. Sumber data, meliputi: peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa: 1) media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi, dan 2) media audio visual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks eskposisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rizkiana, Suci. (2016). Tindak Tutur Ilokusi Pada Kolom Ngresula Harian Radar Tegal. Jurnal Bahtera, 3 (5), 90-100.

--------------. (2015). Penerapan strategi pembelajaran think talk write untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis deskripsi padasiswa kelas X-3 MA Al-islam Jamsaren Surkarta. Jurnal Bahtera, 2 (3), 108-121.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Suparno, dan Yunus, Mohamad. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.