ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X MAHASISWA PROGRAM PROFESI GURU SM3T TAHUN 2018

  • Rishe Purnama Dewi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Keywords: RPP, kemampuan, pembelajaran, perangkat pembelajaran

Abstract

Dalam mendukung profesionalitas guru, pemerintah melaksanakan sejumlah program pendampingan bagi para calon guru. Salah satu program tersebut adalah program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Buku panduan pelaksanan PPG berisi paparan terkait dengan kompetensi utama yang dikembangkan program PPG. Kompetensi tersebut adalah penyusunan RPP yang disebut sebagai workshop SSP. Terkait Program PPG ini, Prodi PBSI, FKIP, USD mendapatkan kesempatan dari pemerintah untuk memberikan pendampingannya. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi penting mengingat penelitian ini mencoba mengungkapkan kinerja tawaran yang diberikan pemerintah termasuk memberikan masukan bagi pelaksanaan pendampingan program PPG. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan penyusunan komponen RPP mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA kelas X mahasiswa PPG SM3T PBSI FKIP USD tahun 2018. Hasil penelitian ini akan memberikan manfaat bagi para dosen, asisten dosen, dan guru pendamping program PPG PBSI untuk pelaksanaan berikutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Validator hasil RPP adalah para dosen, para asisten dosen, dan guru pendamping PPG SM3T PBSI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Burden, Paul. R. dan David. M. Byrd. 2001. Methods for Effective Teaching. Neeham: Ally and Bacon.

Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sari. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Jakarta: Kata Pena.

Izzati, Nurma. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun RPP melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon)”, dalam EUCLID: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon.

Jannah, Misbahul. 2016. “Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam Evaluasi Pembelajaran IPA” dalam Proceedings Aricis: Ar-Raniry International Conferene on Islamic Studies. Aceh: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Ghalia Indonesia.

Orey, Micahel. 2016. Exploring the Cultural Dimensions of Instructional Design: Models, Instruments, and Future Studies”.https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-45001-8_9, diunduh April 2017.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Garuda.

Prastowo, Andi. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.