TANTANGAN DAN STRATEGI PEMELAJARAN BIPA BERMUATAN NILAI KARAKTER PROFETIK

  • Ari Kusmiatun Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: karakter profetik, BIPA, strategi pengajaran BIPA

Abstract

Pemelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) tidak pernah jauh dari hal yang menarik. Hal ini tidak lepas dari berbagai aspek pemelajaran yang ada dalam BIPA. Karakter profetik dimiliki bangsa Indonesia kiranya menjadi bagian dalam materi pemelajaran di kelas BIPA. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi para pengajar kelas BIPA untuk dapat menyajikan nilai karakter profetik dalam sajian materi kelas BIPA. Strategi pengajaran dalam mengolah materi dan menyajikannya juga menjadi hal menarik. Kandungan nilai karakter profetik sebagai gambaran masyarakat Indonesia dapat dijadikan materi dalam kelas BIPA sesuai kebutuhannya. Ekskursi dan mini proyek yang bertopik religius juga dapat menjadi strategi mengenalkan unsur nilai karakter profetik pada para pemelajar asing di kelas BIPA. BIPA dapat menjadi sebuah jembatan pengenalan nilai karakter profetik pada para pemelajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Bahasa. 2014. “Peta Lembaga Penyelenggara Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)”, http://www.badanbahasa.kemdikbud.go.id/. Diunduh pada 29 Juli 2018.

Ellis, Rod. 1995. The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Fry, Heather., Ketteridge, Steve., dan Marshall, Stephanie (Eds.). 2013. Handbook Teaching and Learning (Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi). Terjemahan dari Handbook Teaching and Learning in Higher Education (Enhancing Academic Practice) oleh Ahmad Asnawi. Riau: Zanafa Publishing.

http://darmasiswa.kemdikbud.go.id/about-us-2/ diakses pada 29 Juli 2018.

http://international.ristekdikti.go.id/knb-scholarship/ diakses pada 29 Juli 2018.

Illeris, Knud. 2011. Contemporary Theories of Learning. Diterjemahkan oleh M. Khozim dalam Teori-teori Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Nusa Media.

Leaver, Betty Lou., Ehrman, Madeline, and Shekhtman, Boris. 2005. Achieving Success in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.

Lighbown, Patsy M. & Spada, Nina. 2013. How Language are Learned (Fourth Edition). Oxford: Oxford University Press.

Richards, Jack C. and Renandya, Willy A. (Eds.). 2002. Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Roqib, Moh. 2011. Prophetic Education: Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: Stain Press.

Roqib, Moh. 2013. “Pendidikan Karakter dalam Prespektif Profetik”. Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 3.

Troike, Muriel Saville. 2006. Introducing Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.