JUDUL BERITA SEBAGAI STRATEGI KEBAHASAAN KEBERPIHAKAN MEDIA DALAM PERSPEKTIF PROTAGONIS

  • Benedictus Sudiyana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Titik Sudiatmi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Keywords: judul teks berita, keberpihakan, protagonis, strategi kebahasaan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bagaimana keberpihakan pro dan kontra dari perspektif protagonis disajikan melalui judul berita pada pemberitaan tentang isu pengesahan RUU Sisdiknas pada surat kabar nasional. Metode penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek kajian brupa teks. Data yang digunakan berupa teks judul berita. Sumber data berasal dari teks judul berita surat kabar Kompas, Media Indonesia, Republika, Sinar Harapan, dan Suara Pembaruan yang memberitakan isu atau ihwal pengesahan RUU Sisdknas dari bulan Februari – Juni 2003. Pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan. Analisis data dilakukan dengan penelusuran penggunaan strategi kebahasaan untuk analisis wacana kritis konsep Hilary Janks dan prinsip/strategi ideologis wacana sebagai indikator pemihakan oleh Dijk. Hasil penelitian dapat disimpulkan keberpihakan dari perspektif protagonis pada judul pemberitaan tentang isu pengesahan RUU Sisdiknas menunjukkan secara kebahasaan adanya pola kesejajaran antara ideologi pemilik media, khalayak pembacanya, orientasi judul berita. Rumusan bahasa judul ditunjukkan melalui penggunaan bahasa apakah isinya menunjukkan hal positif untuk diri kita dan mengurangi hal negatif untuk diri kita. Di lain pihak, bahasa judul berita digunakan hal negatif untuk pihak mereka dan mengurangi hal positif yang ada dalam diri mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiarso, Dendy Suseno, Prahastiwi Utari dan Yulius Slamet. 2017. Pemberitaan Hoax di Media Online Ditinjau dari Konstruksi Berita dan Respon Netizen. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 15, Nomor 3, September - Desember 2017 (2015-255)

Asmara, R. 2016. Strategi Kebahasaan Presiden Jokowi dalam Menanamkan Ideologi dan Manifesto Pemerintahan Rangga Asmara. Litera, Volume 15, Nomor 2, Oktober. 379-388.

Budiawan, R.Y.S. 2016. Penggunaan Desfemia pada Judul Berita Nasonal di TV One dengan Pawartos Ngayogyakarta di Yogya TV. Lingua Scientia, Vol. 8, No. 2, November. 203-224.

Chesney, S., M. Liakata, M. Poesio & M.Purver. 2017. Incongruent Headlines: Yet Another Way to Mislead Your Readers. Proceedings of the 2017 EMNLP Workshop on Natural Language Processing meets Journalism, pages 56–61, Copenhagen, Denmark, September 7, 2017. c 2017 Association for Computational Linguistics.

Develotte, Christine, Elizabeth Rechniewski. TT. Discourse analysis of newspaper headlines: a methodological framework for research into national representations. University of Sydney. https://www.researchgate.net/publication/316282294.

Dijk, 2004. Ideology and Discourse. Roma: Carocci.

Fanani, M.A. 2008. Struktur dan Mekanisme Pemertahanan Jiwa Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Nyanyian Imigran (Kumpulan Cerpen Buruh Migran Indonesia) Telaah Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Artikulasi Vo.6 No.2 Agustus 2008 | 279-294.

Galtung, J. & M.H. Ruge. 1965. The Structure of Foreign News Author(s). Journal of Peace Research, Vol. 2, No. 1 (1965), pp. 64-91 Published by: Sage Publications, Ltd. Stable URL: http://www.jstor.org/stable/423011 . Accessed: 10/10/2014 18:32.

Hamas, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa (Studi Pesan Politik dalam Media Cetak Pada Masa Pemilu 1999). Makara, Sosial Humaniora, Vol. 8, No. 1, April 2004.

Hyland, Ken. 2002. Directives: Argument and engagement in Academic Writing. Applied linguistics. Oxford University Press, 23/2: 215-239.

Janks, H. 1997. Critical Discourse Analysis as a Research Tool. Discourse:Studies in the Cultural Politics of Education, 18:3, 329-342. http://dx.doi.org/10.1080/0159630970180302

Kirange, D. K.& Deshmukh, R.R. 2016. Sentiment Analysis of News Headlines for Stock Price Prediction. Compusoft, An international journal of advanced computer technology, 5 (3), March - 2016 (Volume-V, Issue-III), 2080-2084.

Martin, J.R. 1989. Factual Writing: Exploring and Challenging Social Reality. Oxford: Oxford University Press.

Moe, Sandar. 2014. A Brief Study on the Language of Newspaper Headlines Used in “The New Light of Myanmar” Hinthada University Research Journal, Vol. 5, No. 1, 2014 (82-92)

Ningsih, D. 2009. Analisis Judul Berita Bahaa Arab Jurnalistis. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Puspidalia, Y.S. 2015. Bentuk Fungsi, dan Makna Kias dalam Judul Berita Majalah Gatradan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di PGMI Stain Ponorogo. Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015 27-86.

Riadi, A. 2012. Karakteristik Gaya Bahasa Judul-JudulBeritapada Media Online Detik.Com. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rokhmawati, Z., A. Santoso, Nurchasanah. 2016. Berita Wisata dan Kuliner: Analisis Judul, Teras, dan Tubuh Berita Rubrik “Citizen Reporter” Harian Surya EdisiAgustus 2015. Skripsi. Program Sarjana Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah UniversitasNegeri Malang.

Sabardila, Atiqa. 2016. Pola-pola Klausa, Posisi Isi Berita, dan Variasi Pengembangan Penulisan Judul Berita. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVI. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Santoso, R. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Surabaya: .Pustaka Eureka.

Sari, Intan Permata. 2014. Keberpihakan Media dalam Pemilihan Presiden. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 21 No. 1, Juli 2018: (73-86) ISSN: 1410-8291 | e-ISSN: 2460-0172 | (73-86). http://bppkibandung.id/index.php/jpk . DOI: 10.20422/jpk.v21i1.492 73

Sartini, N.W. 2015. Bahasa Dan Pencitraan:StrategiKebahasaandalamWacanaPolitik. JurnalTuturVol.1, No.2 Agustus ISSN 2442-3475 (171-179).

Wainberg, Jacques A. 2015. Headlines, emotions and utopia. Intercom – RBCCSão Paulo, v.38, n.1, p. 191-211,DOI: 10.1590/1809-5844201519.

Wei, Wei & Wan, Xiaojun. 2017. Learning to Identify Ambiguous and Misleading News Headlines. Proceedings of the Twenty-Sixth International Joint Conference on Artificial Intelligence (IJCAI-2017).

Widaryanto, B. 2017. Judul Berita dan Pilihan Tematik sebagai Strategi Pembentukan Perspektif di dalam Wacana Berita Surat Kabar. Prosiding Kolita 15. Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Unika Atma Jaya (406-410).

Zein, H. E. L. 2017. “The Antagonist and Protagonist Approaches of Televising Extremism and Terrorism,” J. Komun. Malaysian J. Commun., vol. 33, no. 1, pp. 98–114.