KEGIATAN MENULIS KREATIF SASTRA PADA SISWA KELAS VII SMP DI JAKARTA TIMUR SEBAGAI WUJUD GERAKAN LITERASI SEKOLAH

  • Endang Sulistijani Universitas Indraprasta PGRI
  • Arinah Fransori Universitas Indraprasta PGRI
  • Friza Youlinda Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: menulis kreatif, literasi, gerakan literasi sekolah

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini adalah memaparkan tentang kegiatan menulis kreatif pada siswa kelas VII SMP di Jakarta Timur. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen, mahasiswa, serta alumni Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada dua sekolah yang berbeda. Metode yang digunakan dalam kegiatan menulis kreatif ini adalah metode ceramah dan brainstorming. Selain itu, tim abdimas juga menggunakan metode demonstrasi dalam memaparkan tahap-tahap atau proses menulis kreatif sastra sesuai pengalamannya dalam cipta sastra. Dengan kegiatan menulis kreatif sastra baik menulis puisi ataupun cerpen, diharapkan semakin tumbuh dan berkembang tindakan nyata literasi sekolah sehingga semakin banyak siswa menghasilkan karya sastra. Oleh karena itu, hasil luaran dari kegiatan ini adalah penerbitan antologi puisi dan antologi cerpen karya siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Endang Sulistijani, Universitas Indraprasta PGRI

Endang Sulistijani

Universitas Indraprasta PGRI

 

References

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Retnaningsih, Pratiwi, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riris K, Toha-Sarumpaet. (2002). Sastra Masuk Sekolah. Bandung: Anggota IKAPI.

Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

White, Ron and Valerie Arndt. (2000). Process Writing. London and New York: Longman Handbooks for Language Teacher.