NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X

  • Uki Hares Yulianti Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
Keywords: nilai-nilai, pendidikan profetik, buku teks

Abstract

Perkembangan dunia tepatnya ilmu pengetahuan terus berkembang yang membawa ke perubahan realitas. Karena perubahan tersebut orang mulai mendambakan pendidikan profetik karena berharap pendidikan ini merupakan proses pembelajaran yang meneguhkan arti pentingnya pencerahan mental spiritual semua stakeholder pendidikan, sehingga martabat dan hati nurani manusia benar-benar dihargai maknanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud/bentuk nilai-nilai pendidikan profetik dalam buku teks bahasa Indonesia SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, teknik sadap, dan teknik catat. Hasil penelitian ini adalah menemukan wujud/bentuk nilai pendidikan profetik dalam buku teks bahasa Indonesai SMA yaitu berkenaan dengan humanisasi; nilai kerjasama nilai kedarmawanan, nilai kejujuran, nilai tengga rasa, nilai kesopanan. Liberasi; nilai pendidikan, nilai kesehatan, nilai tolong menolong, nilai kerja keras, dan transendensi; nilai keistiqomahan, nalai kebersyukuran, nilai ketawadhunan (rendah hati).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, Hasan. 2012. Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kuntowijoyo. 2001. Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan.

Kuntowijoyo. 2004. Islam Sebagai Ilmu Epistimologi, Metodologi, dan Etika. Jakarta: PT Mizan Publika.

Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

Roqib, Muh, dan Nurfandi. 2011.Kepribadian Guru “Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan”. Purwekarto: STAIN Porwekarto Press.

Sani, Abdullah Ridwan dan Kadri, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Shofa, Muhammad. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstruksi Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.