PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS PRODI EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS PEKALONGAN

  • Ida Ayu Panuntun Universitas Pekalongan
Keywords: analisis kebutuhan, Bahasa Inggris, Prodi Ekonomi Manajemen

Abstract

Kebutuhan penguasaan bahasa menjadi bagian penting dalam berbagai lini kehidupan, sebagai contoh Bahasa Inggris. Pemerintah Indonesia meletakan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang ada mulai tingkat sekolah menengah pertama hingga perguruan tinggi. Sebagai contoh kedudukan Bahasa Inggris sebagai mata kuliah wajib yang ada pada semua prodi di Universitas Pekalongan, khususnya Prodi Ekonomi Manajemen. Pembelajaran Bahasa Inggris pada prodi ini, masih bersifat umum. Hal tersebut berarti materi yang diajarkan berupa Bahasa Inggris umum. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketrampilan Bahasa Inggris yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa dalam berkomunikasi dan mendeskripsikan kesulitan yang sering dihadapi mahasiswa. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan skala pengukuran berupa angka. Sedangkan instrumen pada penelitian ini berupa kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 70 mahasiswa prodi Ekonomi Manajemen. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, diperoleh temuan bahwa ketrampilan Bahasa Inggris yang paling dibutuhkan berdasarkan persepsi mahasiswa adalah kemampuan mendengar (Listening). Kemampuan mendengar merupakan kemampuan yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa. Mahasiswa merasa kemampuan tersebut paling sering digunakan, sebagai contoh yang paling sering adalah mendengarkan instruksi dosen. Temuan berikutnya adalah kesulitan yang paling sering muncul dalam pembelajaran Bahasa Inggris yaitu kemampuan berbicara (Speaking). Menurut persepsi mahasiswa kemampuan berbicara dirasa sulit karena mahasiswa merasa kurang percaya diri dalam berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu pada pembelajaran di dalam kelas, Speaking hanya mendapat porsi yang sedikit dalam praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cohen, Louis. 2007. Research Method in Education. New York : Routladge Taylor and Francis Group.

Gunnarsson, Britt-Louise (2001) "Swedish, English* French or German." The dominance of English as a language of science: Effects on other languages and language communities 84 (2001): 287. in Vahed (2017) The Analysis of Faculty Needs to English for Academic Purposes in a Middle-Eastern Context.

Jordan, R. R. (1997). English for Acdemic Purposes in : A Guide and Resources Book. For Teachers. In Hermawati,Dyah Aju. Analisis Kebutuhan (Need Analysis) untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (ESP) pada Kelas Manajemen Agroindustri Politeknik Negeri Jember.

Hutchinson and Waters’ (1987). English for Specific Purposes in Hermawati,Dyah Aju. Analisis Kebutuhan (Need Analysis) untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (ESP) pada Kelas Manajemen Agroindustri Politeknik Negeri Jember.

Nunan, David.1988. Syllabus Design. New York: Oxford University Press.

Nunan, David.1992. Research Methods in Language Learning. Cambridge. Cambridge University Press.

Richard (2001) Curriculum Development in Language Teaching in Puspitasari. English for Computer Science : sebuah Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris pada Mahasiswa Teknik Informatika.

Richard, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge : Cambridge University Press.

Rosdiana, Ihda (2015). Integrating Task Based Syllabus and Text Based Syllabus for Students of Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal. Tegal : UPS

Sugiono. (2009). Metode Penelitiuan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan RnD. Bandung : Alfabeta.