EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

  • Suci Rizkiana Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sukirno Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Joko Purwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
Kata Kunci: menulis, teks ekposisi, media audio visual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Purworejo melalui media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas X-1 SMA N 5 Purworejo. Sumber data, meliputi: peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa: 1) media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi, dan 2) media audio visual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks eskposisi siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Rizkiana, Suci. (2016). Tindak Tutur Ilokusi Pada Kolom Ngresula Harian Radar Tegal. Jurnal Bahtera, 3 (5), 90-100.

--------------. (2015). Penerapan strategi pembelajaran think talk write untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis deskripsi padasiswa kelas X-3 MA Al-islam Jamsaren Surkarta. Jurnal Bahtera, 2 (3), 108-121.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Suparno, dan Yunus, Mohamad. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.