Behaviorisme dan Konstruktivisme dalam Membudayakan Literasi di Sekolah

  • Nur Eka Sulistyaningsih
Keywords: Behaviorisme, Literasi, Konstruktivisme

Abstract

Teori mengenai behaviorisme dan konstruktivisme telah hadir cukup lama dalam upaya proses mendidik para pembelajar. Dihubungkan dengan kemampuan literasi di negara Indonesia yang sangat rendah, kita bisa menguatkan cara kita mengenalkan literasi kepada anak didik melalui kedua teori belajar tersebut. behaviorisme berkaitan dengan upaya pembelajaran yang menitikberatkan pada hubungan stimulus-respons, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Contohnya, ketika dalam belajar presentasi pembuatan makalah misalnya, anak harus menyertakan dasar teori dari buku yang ada, kedua, memberikan waktu yang telah ditentukan untuk melaporkan buku yang dibaca, ketiga, bekerja sama dengan perpustakaaan sekolah, atau membuat program “kunjung pustaka”, bazar buku dan sebagainya. Apapun yang kita lakukan, usahakan stimulus-respons itu tercipta dalam suasana positif. Ketika peserta didik kita mulai mengenal, maka ia akan belajar dan memahami bahwa membaca itu mengasyikkan. Teori kedua adalah konstruktivisme yang berangkat dari penggalian pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki oleh seseoran,. Vygotsky memberikan dua konsep penting dalam teori belajar ini, yaitu yang pertama adalah ZPD, jika dihubungkan dengan pembelajaran literasi, maka kemampuan peserta didik dapat dipancing dan digali dengan berangkat dari pengetahuan dan pengalaman mereka, yang tentunya berbeda satu sama lain dan meiliki keunikan masing masing yang bisa melahirkan produktivitas dalam literasi. Konsep kedua dari Vigotsky adalah Scaffolding, yaitu pemberian bantuan kepada peserta didik selama tahap-tahap awal pembelajaran, dengan mengacu bahwa bantuan di awal adalah cara membimbing yang efektif untuk para peserta didik. Dengan asumsi dari dua teori ini, kiranya peserta didik dapat dikembangkan minatnya dalam menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budimanali. 2017. UNESCO: Minat Baca Indonesia Rendah.
https://www.kaskus.co.id / thread/586b09af54c07a306e8b4567/unesco-minat-baca-indonesia-cuma-0001-
persen-ini-sebabnya/

Budiningsih
asrih.
2005. Belajar
dan Pembelajaran.

Jakarta:
. Asdi
Mahasatya
Skinner, B.F. (1938). The Behavior of Organisms. New York: Appleton-CenturyCrofts.
Wikipedia. 2017. Pengertian Behaviorisme.
https://id.wikipedia.org/wiki/Behaviorisme
Wikipedia. 2017. Konstruktivisme. https://id.wikipedia.org/wiki/Konstruktivisme
-----------. 2018. Tempo tanggal 23 September 2018
---------. 2017. Teori Perkembangan Kognitif. http://www.anneahira.com/teori-
perkembangan-kognitif-vygotsky.htm
----------. 2017. Teori Belajar Konstruktivisme.
http://puslit.petra.ac.id/journals/interior/
http://deceng.wordpress.com/2008/06/09/teori-belajar-konstruktivis/