RAGAM IKLAN POLITIK PILKADA JAWA TENGAH 2015 DALAM KAJIAN RETORIKA PROFETIK

  • Fahrudin Eko Hardiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ragam iklan politik Pilkada tahun 2015 di Jawa Tengah dalam kajian retorika profetik. Melalui penelitian ini dapat diketahui ragam iklan politik dengan pendekatan retorika profetik Untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan penelitian, peneliti menganalisis data penelitian dalam bentuk spanduk dan baliho. Pilkada 2015 di Jawa Tengah melalui teknik observasi dan mengacu pada catatan yang ada pada fragmen wacana iklan yang diduga merupakan pernyataan yang merupakan ragam iklan politik yang memenuhi unsur-unsur retorika profetik. Berdasarkan hasil analisis pada wacana iklan politik pemilu dapat ditemukan hasil penelitian bahwa ada berbagai retorika profetik yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai utama retorika yakni etos, pasthos, dan logos. Sedangkan pada aspek profetik ditemukan data iklan politik Pilkada yang memenuhi unsur-unsur profetik yakni humanis, liberatif, dan transenden.

Downloads

Download data is not yet available.