PEMBENTUKAN PERILAKU DAN POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN RUMPELSTILTSKIN KARYA SAVIOUR PIRROTTA DAN ENAM SERDADU KARYA BROTHERS GRIMM

  • Husnul Koyimah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lailatul Hidayah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Miftakhul Huda Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: perilaku, cerpen, kebiasaan, pendidikan

Abstract

Perilaku merupakan perwujudan sebagai pernyataan dari respon atau reaksi seseorang terhadap perangsang untuk menjadi lingkungan sosial tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembentukan perilaku dalam dalam Cerpen Rumpelstiltskin dan Enam Serdadu dan memaparkan pendidikan atas pola perilaku yang tercermin dalam dalam Cerpen Rumpelstiltskin dan Enam Serdadu. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan comparative literature. Data dalam penelitian ini adalah kata, kalimat, dan paragraf dalam cerpen Rumpelstiltskin dan Enam Serdadu yang menunjukkan pembentukan perilaku dan pola pendidikan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah cerpen Rumpelstiltskin dan Enam Serdadu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah intektekstualitas dengan teknik kelanjutan. Dalam membentuk perilaku dibagi menjadi 3 cara yaitu pembentukan perilaku dengan kondisioning atau kebiasaan, pengertian (insight), dan model. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembentukan perilaku kondisioning atau kebiasaan yang paling menonjol atau sering terjadi di dalam kedua cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.