PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS KASUS: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

  • Siti Ulfiyani
Keywords: case based learning, berbicara, berpikir kritis, mahasiswa

Abstract

Tulisan ini membahas upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis kasus. Penerapan pembelajaran berbasis kasus didasarkan pada fenomena sosial yang dapat ditemukan baik melalui media cetak, elektronik, maupun secara langsung. Dalam penerapannya, pembelajaran berbasis kasus akan mempergunakan kasus-kasus yang berkaitan dengan kesalahan komunikasi verbal sebagai sumber belajar. Dengan menganalisis kasus-kasus tersebut, mahasiswa tidak sekadar dapat berbicara baik untuk situasi formal maupun informal, juga menjadi pembicara yang baik dan strategis. Selain itu, dengan menganalisis berbagai kasus secara berkelompok dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Ulfiyani

References

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.

Asropah. 2016. Membaca Kritis sebagai Upaya Mengembangkan Berpikir Kritis. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Budaya Literasi Menuju Generasi Emas bagi Guru Pembelajar Literasi, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang, 15 September 2016.

Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (edisi kelima). Jakarta: Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia.

Haryanto, M. Khairudin. 2014. “Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Kecerdasan Buatan”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 1.

https://www.bernas.id/28433-perlunya-pembelajaran-berbasis-kasus.html 2016. Diakses pada 1 Agustus 2018.

https://ctl.yale.edu/faculty-resources/strategies-teaching/case-based-learning. Diakses pada 5 Agustus 2018.

Arsyad, Maidar G., dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: FPBS IKIP Jakarta.

Mutmainah, Siti. 2010. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan”. http://eprints.undip.ac.id/17165/. Diakses pada 2 Agustus 2018.

Tapung, Marianus Mantovanny. 2016. “Keharusan Berpikir Kritis bagi Mahasiswa”. http://kupang.tribunnews.com/2016/08/25/keharusan-berpikir-kritis-bagi-mahasiswa. Diakses pada 1 Agustus 2018.

Williams B. 2005. Case-based learning - a review of the literature: is there scope for this educational paradigm in prehospital education? Emerg Med, 22, 577-581.