"COFFEE.HUB" : INOVASI INVESTMENT APPLICATION BERBASIS KONSEP EQUITY CROWDFUNDING SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN PETANI KOPI DI INDONESIA

  • Anisa Firawati Universitas Diponegoro
  • Diah Ari Primastiani Universitas Diponegoro
  • Galih Abdul Rozaq Universitas Diponegoro
Keywords: Investment UMKM, Petani Kopi, Equity Crowfunding

Abstract

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan memperoleh keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Fenomena investasi menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat dalam upaya mencapai tujuan smart financial. Smart financial adalah suatu kemampuan seseorang dalam mengelola keuangannya. Salah satu instrumen teknologi yang digunakan dalam dunia investasi ialah equity crowdfunding. Teknologi Equity Crowdfunding adalah skema pendanaan yang diberikan untuk bisnis kecil seperti UMKM atau start-up pemula dengan cara patungan masyarakat luas dalam bentuk kepemilikan saham. Return yang akan di dapatkan berupa capital gain dan dividen. Proses pendanaan dilakukan melalui platform online di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat investasi milenial, mensejahterakan petani kopi, meningkatkan UMKM dan memperrcepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut, maka dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu riset kuantitatif yang bentuk deskripsinya dengan angka atau numerik (statistik). Penelitian ini bisa memberikan kebermanfaatan dalam upaya peningkatan iklim investasi di kalangan milenial dan meningkatkan ekonomi di Indonesia melalui Coffeehub. Hal ini dikarenakan bisnis coffe menjadi investasi menarik. Secara spesifik, investasi berbasis equity crowdfunding bermanfaat untuk mengintegrasikan investor. Gagasan ini diharapkan dapat diimplemestasikan secara maksimal guna memperoleh hasil maksimal pula.

Published
2023-02-01
Section
Articles