IMPLEMENTASI FINANCIAL LITERACY DAN INVESTASI UNTUK MENINGKATKAN INCOME DI KAMPOENG SEMARANG MELALUI SMART INVEST : PAMERAN DAN UMKM

  • Nafisatuz Zahwa UIN Walisongo
  • Debita Maulin Astuti UIN Walisongo
  • Muhammad Ulil Azmi UIN Walisongo
Keywords: Financial Literacy, Investasi, Pameran Digital Investasi, UMKM

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), tetapi sejak adanya pandemi covid-19 pertumbuhan UMKM di Indonesia menurun, tentunya dengan adanya investasi perekonomian UMKM bisa menjadi meningkat. Salah satu UMKM yang menjadi daya tarik utama sekaligus menjadi pusat oleh-oleh terbesar di Kota Semarang yaitu Kampoeng Semarang. UMKM tersebut menjual berbagai produk kerajinan sekaligus makanan yang menjadi khasnya Kota Semarang. Namun, dalam perjalannya pelaku UMKM tersebut menghadapi permasalahan-permasalahan teknis yang disebabkan pengaruh adanya Covid-19 seperti pemasaran, sumberdaya manusia dan modal. Jika permasalahan di Kampoeng Semarang dibiarkan maka akan mempengaruhi kesuksesan serta keberlangsungan usaha dari para pelaku UMKM tersebut. Oleh karena itu, penulis akan memberikan edukasi melalui Smart Invest yaitu pameran digital investasi yang memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman literasi keuangan (financial literacy) tentang pemanfaatan teknologi digital melalui investasi khususnya di UMKM sektor kuliner Kampoeng Semarang Jawa Tengah. Ada beberapa pelaku UMKM yang masih belum paham mengenai investasi karena kurangnya edukasi mengenai pentingnya berinvestasi. Tujuan diadakannya pameran digital tersebut tentunya tidak hanya untuk memberikan pengetahuan dalam pemahaman keuangan dan investasi, melainkan juga untuk memahami mengenai penentuan keputusan keuangan yang efektif dan yang lebih penting guna menambah sumber penghasilan pelaku usaha sehingga dapat mempersiapkan kebutuhan masa depan. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif - kualitatif dengan menggunakan data primer (wawancara, observasi) dan data sekunder (kepustakaan, dokumenter).
Section
Articles