IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH

  • Nilam Arum Setyaningsih Universitas Negeri Semarang
  • Farda Azkiya Billah Universitas Negeri Semarang
  • Linda Kamelia Universitas Negeri Semarang
Keywords: Pembelajaran STEAM, GeoGebra, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Di era kemajuan abad 21 ini, dunia pendidikan harus mengimbangi kemajuan abad ini dengan melakukan inovasi pembelajaran. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah dengan menerapkan pembelajaran STEAM berbantuan GeoGebra dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kreatif merupakan bagian dari keterampilan abad 21 yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika, karena memiliki keterampilan berpikir kreatif yang baik dapat memudahkan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEAM berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan kreatif matematis siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk artikel terbitan tahun 2017-2022 tentang pembelajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Ada 15 artikel nasional atau internasional yang diperoleh dari database Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEAM berbantuan GeoGebra secara efektif dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA yang penerapannya digunakan sebagai pendekatan yang melekat pada model pembelajaran.

Published
2023-01-27