STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS MODEL PBL PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK

  • Amanda Oky Viana Universitas Negeri Semarang
  • Deswita Nurrahma Alfatira Universitas Negeri Semarang
  • Hani Rosyidah Hadiningsih Universitas Negeri Semarang
Keywords: PBL, STEM, Pemecahan Masalah

Abstract

Pada abad 21 peserta didik dituntut untuk menguasai keterampilan 4C, meliputi 1) Communication, 2) Collaboration, 3) Critical Thinking and Problem Solving, 4) Creativity and Innovation untuk semua mata pelajaran tidak terkecuali matematika. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di Indonesia yang tergolong rendah adalah dengan melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran Problem Based Learning dan pendekatan STEM dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur, dimana metode ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data atau sumber yang berkaitan dengan topik dalam suatu penelitian. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pendekatan Science Technology Engineering Mathematics (STEM) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Published
2023-01-27