EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH BOJONG

  • Widi Astuti Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Siska Yustitia Dewi Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Winurwito Soponyono Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperativ Learning terhadap hasil belajar matematika siswa untuk mencapai ketuntasan sebanyak 75%. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dari nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Bojong, sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 28 siswa kelas XI TBSM 1 di SMK Muhammadiyah Bojong. Hipotesis diuji menggunakan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji normalitas, ditemukan bahwa data tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. 2) berdasarkan pengujian secara uji proporsi, ditemukan bahwa nilai siswa mencapai ketuntasan sebanyak 75%. Sebanyak 21 siswa telah mencapai ketuntasan, sebanyak 7 siswa belum mencapai ketuntasan, sehingga model cooperative learning efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI TBSM SKM Muhammadiyah Bojong. Penggunaan model pembelajaran Cooperativ Learning dianggap dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Bojong.