PROBLEMATIKA SISWA PADA PENYELESAIAN PERMASALAHAN INTEGRAL TAK TENTU

  • Reni Kurniawati Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Nanda Fitri Nur’Aini Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Sherlya Nurtsaniyah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Diana Devitasari Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Rizqi Mega Oktaviani Pendidikan Matematika Universitas Tidar

Abstract

Rendahnya prestasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan integral menjadi masalah tersendiri bagi guru. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi bagi guru guna mengatasi permasalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal integral tak tentu. Sehingga penulis perlu melakukan analisis untuk mengetahui seberapa besar kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan integral tak tentu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh menggunakan lembar tes, kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 (lima) siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pringsurat yang berlokasi di kabupaten Temanggung. Sebelumnya siswa sudah mempelajari materi integral tak tentu dan diberikan 5 soal essay dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Dari analisis jawaban subjek dengan wawancara diperoleh presentase kesalahan siswa dalam mengerjakan soal integral. Dalam penelitian diperoleh siswa yang melakukan kesalahan yaitu kesalahan konsep sebanyak 16% kesalahan fakta sebanyak 12% kesalahan prinsip 4% , kesalahan operasi 12% dan 56% bernilai benar. Setelah dilakukan analisis tentang permasalahan ini diharapkan adanya perbaikan baik dalam segi kurikulum, metode pembelajaran maupun pengembangan bahan ajar.