ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP KANISIUS GAYAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI DAN FUNGSI

  • Anastasia Melissa Raharjo Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Angela Dewi Ika Christanti Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
Keywords: Analisis, Kesalahan, Relasi dan fungsi

Abstract

Konsep relasi dan fungsi pada kurikulum matematika sekolah pertama kali diterima oleh siswa dikelas VIII. Dalam evaluasi tentang pemahaman siswa dalam materi konsep relasi dan fungsi, terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan kesalahan cara penyimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Kanisius Gayam Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, dengan tes diagnostik dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah dengan jumlah 26 orang siswa. Teknik purposive sampling digunakan untuk menetapkan beberapa siswa yang masing-masing mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan. Yang paling banyak terjadi adalah kesalahan fakta dan kesalahan konsep. Siswa belum mampu menyajikan relasi dengan benar menggunakan diagram panah, diagram kartesius dan himpunan pasangan berurutan. Siswa juga masih kesulitan membedakan relasi, fungsi, dan tidak keduanya. Pada materi fungsi, penggunaan langkah- langkah yang dilakukan siswa kurang tepat sekaligus belum mampu menganalisis suatu fungsi yang merupakan korespondensi satu-satu sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan siswa belum menguasai materi fungsi dengan baik.