PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF KONSEP BANGUN RUANG

  • Sudiyah Anawati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Idha Isnaningrum Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Media Pembelajaran Manipulatif, Bangun Ruang

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematika yang masih tergolong rendah pada pemahaman konsep-konsep bangun ruang. Hal ini disebabkan oleh guru masih menjelaskan konsep bangun ruang yang masih bersifat abstrak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Penggunaan media pembelajaran manipulatif diharapkan dapat memberikan alternatif media pembelajaran. Media manipulatif berfungsi untuk menyederhanakan konsep-konsep yang sulit atau sukar, menyajikan bahan yang relatif abstrak, menjadi lebih nyata Media manipulatif memberikan gambaran konkret bangun ruang seperti prisma dan limas, media yang dapat dibuat sendiri oleh siswa. Kesulitan siswa dalam konsep-konsep bangun ruang antara lain : 1) Kesulitan menguasai konsep, 2) Kesulitan menemukan rumus luas permukaan dan 3) Kesulitan menemukan rumus volume prisma dan limas dapat diatasi dengan menggunakan media manipulatif, sehingga siswa dapat akan lebih menguasai konsep-konsep bangun ruang. Adapun adanya studi pendahulan ini untuk mengetahui lebih lanjut dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui media pembelajaran manipulatif dalam konsep bangun ruang.