IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Alan Rifqi Kamal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pekalongan
Keywords: Google Classroom, Powtoon, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

ABSTRAK

Pandemi coronavirus disease (Covid-19) memberikan dampak bagi sektor pendidikan dipertengahan bulan Maret 2020 yang mengakibatkan proses pembelajaran harus dilaksanakan secara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk menghindari pembelajaran yang terasa monoton maka perlu menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran memegang peranan penting agar suasana pembelajaran menjadi menarik dan unik, sehingga prestasi belajar matematika siswa yang dihasilkan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan Google Classroom dengan media pembelajaran Powtoon dan pembelajaran menggunakan Google Classroom dengan penugasan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 1 Kedungwuni. Sampel diambil dengan mengguakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan uji beda rerata uji t  dengan populasi normal dan independen serta menggunakan uji Z untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Powtoon.

Hasil dari penelitian ini bahwa (1) Prestasi belajar matematika siswa yang  diajar menggunakan Google Classroom dengan media pembelajaran Powtoon lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Google Classroom dengan penugasan. (2) Proporsi siswa diajar menggunakan Google Classroom dengan media pembelajaran Powtoon mendapat nilai 70 lebih dari 75%).

 

Kata Kunci : Google Classroom, Powtoon, Prestasi Belajar Matematika

Published
2021-01-06