CYBERGOGY: KONSEP DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Nurul Indah Septianisha Universitas Pekalongan
  • Khuriin Dewi Anggraeni Universitas Pekalongan
  • Nanda Ribatul Hilda Universitas Pekalongan
  • Mochammad Syahrul Azhar Universitas Pekalongan
  • Viki Himatul Ulya Pemakalah
Keywords: Cybergogy, Konsep, Pembelajaran Matematika

Abstract

Teknologi yang terus berkembang dan meningkat akan menambah peluang inovasi belajar yang terkait dengan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang lebih baru. Seiring perkembangan teknologi tersebut, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga diperlukan sehingga dunia pendidikan perlu mengambil langkah dalam menginovasi metode pembelajaran. Oleh karena itu, kami mengusulkan metode pembelajaran cybergogy sebagai sistem pembelajaran online yang terlibat. Cybergogy merupakan salah satu inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan tiga faktor yang saling mempengaruhi: kongnitif, emosional, dan sosial. Ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran online yang terlibat. Melalui pembelajaran yang terlibat siswa tidak hanya mencapai tujuan pembelajarannya, tetapi juga akan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Published
2021-01-06