ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING KELAS XII SMA N 1 DORO
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro yang bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada pemberlajaran matematika secara daring siswa kelas XII SMA N 1 Doro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro dengan jumlah 20 orang siswa . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Deskriptif. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kemudian data di analisis menggunakan analisis data persentase, Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh presentase kemandirian siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro adalah ≥70% siswa telah berada pada kategori cukup mandiri dan ≤30% siswa berada pada kategori kurang mandiri. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode daring dalam proses pembelajaran, kemandirian siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro dalam kategori cukup mandiri .