ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING KELAS XII SMA N 1 DORO

  • Muhammad Haqin Nazili Universitas Pekalongan
Keywords: Kemandirian , daring , matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  yang dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro yang bertujuan untuk  mengetahui kemandirian belajar siswa pada pemberlajaran  matematika secara daring siswa kelas XII SMA N 1 Doro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro dengan jumlah 20 orang siswa . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Deskriptif. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kemudian data di analisis menggunakan analisis data persentase, Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh presentase kemandirian siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Doro adalah ≥70% siswa telah berada pada kategori cukup mandiri dan ≤30% siswa berada pada kategori kurang mandiri. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode daring dalam proses pembelajaran, kemandirian siswa kelas  XII IPA 1 SMA N 1 Doro dalam kategori cukup mandiri .

Published
2022-01-31