PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MIND MAP MATERI BANGUN RUANG ( KUBUS DAN BALOK ) KELAS VIII SMPN 13 PEKALONGAN
Abstract
Pembelajaran matematika disekolah selama ini masih menggunakan media yang seadanya memakai dokumen
seperti word atau pdf, sehingga siswa kurang tertarik dan antusias dalam pembelajaran atau bisa disebut menggunakan
metode ceramah yang mengakibatkan siswa kurang efektif. Motivasi belajar siswa tersebut masih rendah. Hal tersebut dapat
menyebabkan siswa kurang atau bahkan tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran matematika
perlu diberi inovasi agar pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan, salah satunya menggunakan video
pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengembangan video pembelajaran interaktif
berbasis mind map yang valid.
Pada penelitian ini dikembangkan sebuah video pembelajaran interaktif berbasis mind map pada materi bangun
ruang ( kubus dan balok ). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan yang
dilaksanakan adalah analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan
evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
angket. Angket dibagi menjadi 2 yaitu angket relevansi dan angket kevalidan.
Berdasarkan hasil penelitian, Berdasarkan penilaian angket sudah relevan. Selain itu juga ada dari 9 validator
diperoleh nilai rata- rata sebesar 82,01 dibulatkan menjadi 82. Hal tersebut dapat diartikan bahwa produk video
pembelajaraninteraktif berbasis mind map yang dikembangkan valid. Hal itu menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran
yang dikembangkan dinyatakan relevan dan valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran
interaktif matematika relevan dan valid apabila digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa pada materi bangun
ruang kubus dan balok