Tentang SANDIKA 3

Tingginya budaya membaca dan menulis menjadi salah satu tolak ukur bangsa yang cerdas. Kemampuan membaca dan menulis ini biasa dikenal luas dengan istilah literasi. Literasi diperlukan untuk membangun sikap kritis dan kreatif dalam merespon berbagai fenomena kehidupan (Rintaningrum, 2009). Salah satunya adalah kegiatan menggunakan teknologi dalam menemukan dan menggali informasi (Sari dan Pujiono, 2017).

Literasi yang baik akan membantu generæsi muda dalam memahami infonuasi baik lisan, tertulis, ataupun digital. Khususnya, Saat ini kita dihadapkan pada berbagai informasi yang mengalir secara deras dengan kontrol yang terbatas, dan informasi tersebut dapat bersifat hoak atau bukan. Oleh karena itu literasi dibutuhkan untuk memilah informasi yang mana yang tepat dan dapat dipercaya.

Berawal dari adanya tuntutan zaman, pengertian literasi sekarang ini mempunyai arti yang lebih luas. Pengertian literasi di atas merupakan bagian dari istilah literasi baca-tulis. Hal ini menunjukkan literasi tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Pemerintah telah membentuk program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sejak tahun 2016. GLS digulirkan sebagai strategi khusus untuk meningkatkan literasi peserta didik

Di bidang Matematika, PISA mendefinisikan bahwa literasi adalah kemampuan untuk memformulasikan, menggunakan, dan menafsilkan matematika dalam berbagai konteks. Hal ini meliputi penalaran matematis, penggunaan konsep matematika, prosedur, fakta dan alat untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan memprediksi fenomena. Oleh karena itu, seseorang yang mempunyai literasi tinggi akan peka dan paham dalam penggunaan matematlka dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan matematika mempunyai peranan dalam mewujudkan hal tersebut. Melalui pembelajaran matematika, peserta didik dapat mengaktitkan dan mengembangkan literasinya.

Berdasarkan beberapa hal yang telah dikemukakan di atas, perlu dilakukan pengoptimalan literasi dalam pembalajaran matematika.Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika Unikal menyelenggarakan Seminar Nasional ke-3 dengan tema "Optimalisasi Literasi dalam Pembelajaran Matematika".

Pembicara dalam seminar nasional adalah sebagai berikut :

Dr. Farida Nurhasanah, S.Pd., M.Pd.

Dosen Pendidikan Matematika UNS, Deputy Director for Programme SEAMEO QITEP in Mathematics.

Materi : Board Game dalam Pembelajaran Matematika

Dr. Riawan Yudi Purwoko, S.Si., M.Pd.

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Materi : Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika

Seminar akan dilaksanakan pada

Hari/ Tanggal          : Rabu, 22 Desember 2021

Waktu                        : 08.00 – selesai

Metode                      : daring melalui Zoom Cloud Meeting