Perumusan Strategi Pengembangan Wisata Kuliner “Minggon Jatinan” Menuju “Visit Batang 2022”

  • Titi Rahayu Prasetiani Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan
  • Catur Ragil Sutrisno Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan
Kata Kunci: wisata kuliner, swot, startegi pengembangan bisnis

Abstrak

Wisata kuliner adalah salah satu bentuk wisata yang berfokus pada makanan sebagai daya tarik untuk eksplorasi dan tujuan pariwisata. "Minggon Jatinan" adalah salah satu wisata kuliner di Kabupaten Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyarankan kerangka kerja yang akan digunakan sebagai strategi pengembangan bisnis untuk wisata kuliner dengan menggunakan metode penelitian kualitatif (survei dan observasi). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Temuan penelitian ini terkait dengan strategi pengembangan wisata kuliner “Minggon Jatinan” antara lain, pentingnya penerapan strategi itu sendiri, kerjasama antar pemangku kepentingan, promosi profil kuliner dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam huta yang ada untuk menjaga keunikan wisata kuliner “Minggon Jatinan”