PENGARUH INSTAGRAM MARKETING DAN BRAND AWARENES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA KONSUMEN GURICH.ID)

  • Nadya Rizky Setiawan Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • M. Shofiyuddin Univeristas Pekalongan
Keywords: media sosial, kesadaran merek, keputusan pembelian

Abstract

Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Instagram. Saat ini, Instagram tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi sebagai sarana bisnis dan pemasaran. Gurich.id merupakan bisnis yang memanfaatkan pemasaran online melalui media sosial Instagram. Gurich.id bergerak dalam bidang penjualan makanan. Sebagai bisnis yang masih berkembang dengan penjualan utama memanfaatkan media sosial Instagram, maka perlu dilakukan analisis “Pengaruh Instagram Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”. Artikel ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram Gurich.id yang berjumlah 164 orang, dan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Instagram marketing (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) dan brand awareness (X2) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Dari perspektif Etika Bisnis Islam, secara umum pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh Gurich.id dalam mencapai tujuan perusahaan adalah mengikuti syariat Islam berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu kejujuran, keadilan, dan toleransi antara penjual dan pembeli.

Published
2023-08-21