STRATEGI PENINGKATAN PEMBIAYAAN BPRS SURIYAH MENGGUNAKAN SISTEM FRONTING AGENT (PT KHADEEJA ADI NUGROHO)

  • Adityo Nugroho Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • Danang Satrio Univeristas Pekalongan
Keywords: Pandemi Covid-19, Strategi Pemasaran, BPRS Suriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi khususnya di BPR Jawa Tengah dalam meningkatkan portofolio kredit setelah pandemi Covid-19. Efek dari pandemi covid-19 membuat beberapa lembaga keuangan khususnya Perbankan, merubah strategi strategi baru dalam meningkatkan Portofolio bisnis dan Kesehatan bisnisnya yaitu dengan menggunakan salah satu cara yang biasa di sebut dengan system Fronting Agent atau Agen Pemasaran. Agen pemasaran adalah suatu pekerjaan yang berfungsi untuk memasarkan suatu barang, jasa atau produk tertentu. Agen pemasaran menjalankan bisnis berdasarkan komisi, didapatkan dari prinsipal. Teknik pengumpulan data menggunkan dengan cara observasi di bidang bisnis dan bidang manajemen resiko, wawancara yang dilakukan oleh 3 narasumber di bidang bisnis, bidang manajemen resiko dan bidang pemasaran, di dokumentasi dengan beberapa karyawan terkait profitabilitas dalam manajemen kredit dan studi literatur. Jenis pendekatan penelitian studi kasus ini dengan analisis deskriptif kualitatif yang menjelaskan dan menggambarkan peristiwa aktual tanpa direkayasa dalam bentuk narasi.

Published
2023-08-21