STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA BISNIS KULINER UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

  • Isnah Karimah Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • Danang Satrio Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: Pemasaran Online, Bisnis Kuliner, Media Sosial, Penjualan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pemasaran online pada bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan. Perkembangan teknologi dan informasi berbasis internet yang begitu pesat, telah membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk melakukan cara baru dalam bidang pemasaran. Strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh UMKM di era digital ini adalah dengan memanfaatkan media online dalam kegiatan pemasaran produk sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen, dapat melakukan perbaikan kualitas produk dan dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memberikan pelayanan secara online melalui layanan delivery order (Afriyanti, 2021). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber artikel dan buku. Analisis dilakukan dengan studi kasus dan dikaitkan dengan literatur mengenai strategi pemasaran online di era digital. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kunci keberhasilan strategi pemasaran online pada bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan tansformasi digital dalam kegiatan pemasaran dan penjualan produk, menggunakan media sosial untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen serta memberikan nilai tambah pada produk dan layanan yang diberikan.

Published
2023-08-21