ANALISIS PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL ALAT-ALAT KONVEKSI MUNA KEDUNGWUNI

  • Muhammad Nuskan Abdi Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • Wenti Ayu Sunarjo Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Toko Ritel

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikasi etika bisnis islam terhadap kepuasan konsumen di toko ritel alat-alat konveksi Muna Kedungwuni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi adalah semua pelanggan di toko Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan. Sampel penelitian berjumlah 70 responden dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Etika bisnis Islam (X1) dengan indikator pengukuran sebanyak 4 dan Kulitas Pelayanan (X2) sebanyak 6 indikator, sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Pelanggan (Y) dengan indicator sebnayak 4. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Etika Bisnis Islam (X1) dan kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,046. Sedangkan hasil penelitian secara parsial Etika Bisnis Islam (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) 0,225 dan kualitas Pelayanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,056.

Published
2023-08-21