PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI STRATEGI INTERACTIVE MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN BRAND AWARNESS KONSUMEN DI SPA KAMPOENG PEKALONGAN

  • Parasamya Dewi Cipta Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: pemasaran, teknologi, bisnis, ekonomi

Abstract

Pemasaran di dalam sosial media tentunya membutuhkan suatu strategi yang dapat meningkatkan pemasaran dan juga brand awareness pada konsumen. Salah satu strategi yang dibutuhkan yaitu strategi pemasaran interaktif. Startegi pemasaran pemasaran interaktif ini berguna untuk menjalin hubungan yang baik antara penyedia jasa/barang dalam memasarkan produknya kepada konsumen, salah satunya melalui social media Whatsapp Business. Spa Kampoeng Pekalongan merupakan penyedia layanan jasa treatment spa dan kecantikan khusus wanita yang berada di Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang menggunakan WhatsApp Business sebagai salah satu media utama untuk melakukan pemasaran interaktif dikarenakan mudah dan efektif dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji bagaimana peran WhatsApp Business sebagai strategi marketing interactive dalam meningkatkan penjualan dan brand awarness konsumen di Spa Kampoeng Pekalongan. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan proses pengumpulan data melalui wawancara kepada admin sebagai informan utama serta melakukan observasi dan dokumentasi data. Hasil dari penelitian ini ialah WhatsApp Business memiliki peran penting dan efektif dalam mendekatkan  hubungan antara konsumen dengan penyedian jasa agar terwujud transaksi reservasi layanan treatment. Di Spa Kampoeng Pekalongan

Published
2023-08-21