PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PEKALONGAN (STUDI PADA PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE)

  • Isnah Karimah Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • Wenti Ayu Sunarjo Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: Etika bisnis islam, kualitas produk, fashion, kepuasan konsumen, Shopee

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh etika bisnis islam dan kualitas produk fashion terhadap kepuasan konsumen di Pekalongan pada marketplace Shopee. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan pendekatan kauntitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 konsumen produk fashion di Pekalongan pada marketplace Shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa etika bisnis islam secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Etika bisnis islam dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai adjusted R square adalah 0,781 yang berarti bahwa pengaruh etika bisnis islam dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk fashion di Pekalongan pada marketplace Shopee adalah sebesar 78,1% dan sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
2023-08-21