PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Alat analisis yang digunakan Uji regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap Motivasi Kerja Guru. Hal ini dibuktikan dengan uji t dan sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh (Murni & Sulasmi, 2021). Jadi hipotesis yang menyatakan Kepemimpinan berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru terbukti kebenarannya. Budaya Sekolah berpengaruh positif terhadap Motivasi Kerja Guru. Hal ini dibuktikan dengan uji t dan sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh (Murni & Sulasmi, 2021). Jadi hipotesis yang menyatakan Budaya Sekolah berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru terbukti kebenarannya.