PENGARUH GREEN INNOVATION TERHADAP KINERJA INOVASI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF YANG DIMEDIASI OLEH MANAGERIAL ENVIRONMENTAL CONCERN (STUDI KASUS PADA UMKM BATIK DI PEKALONGAN)

  • Nurul Hidayanita Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: Green innovation, Green product innovation, Green process innovation, Kinerja Inovasi, Keunggulan Kompetitif, Managerial Environmental Concern, Inovasi, Pekalongan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai green innovation yang terbagi menjadi green product innovation dan green process innovation terhadap kinerja inovasi dan keunggulan kompetitif, serta mengetahui hubungan managerial environmental concern sebagai mediasi dalam hubungan green innovation terhadap kinerja inovasi dan keunggulan kompetitif. Penelitian ini mengguankan metode pengambilan sampel berupa non-probability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 32 responden. Metode analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan pendekatan PLS (Partial Least Square). Hasil analisis menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara green product innovation dengan kinerja inovasi, antara green process innovation terhadap kinerja inovasi, antara green process innovation terhadap keunggulan kompetitif, antara kinerja inovasi dengan keunggulan kompetitif. Terdapat pengaruh positif antara green product innovation terhadap keunggulan kompetitif,. Selain itu managerial environmental concern memediasi hubungan antara green product innovation dengan kinerja inovasi, green process innovation dengan kinerja inovasi. managerial environmental concern tidak memediasi hubungan antara green product innovation dengan keunggulan kompetitif, antara green process innovation dengan keunggulan kompetitif.

Published
2023-08-21