PENGARUH VIRAL MARKETING,ONLINE CONSUMER RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT DI SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA SCARLETT DI KOTA PEKALONGAN)

  • Tia Nafisa Arianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Siti Yunitarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Wenti Ayu Sunarjo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh viral marketing, online consumer rating dan online consumer review terhadap keputusan pembelian produk scarlett di shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna scarlett Kota Pekalongan. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t. Dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, online consumer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan online consumer review berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian

Diterbitkan
2023-08-21