Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis <p>Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis (Senesis) Magister Manajemen Universitas Pekalongan</p> en-US [email protected] (Mohamad Sidik) [email protected] (Mohamad Sidik) Mon, 04 Sep 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 BUSINESS BOUNCE BACK DI ERA SOCIETY 5.0 https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1660 <p>Berbagai konsep teknologi pun turut berkembang dengan pesat seiring perkembangan zaman. Salah satunya adalah konsep society 5.0 yang bertujuan untuk memudahkan kebutuhan manusia dengan penggunaan ilmu pengetahuan berbasis teknologi modern. Misalnya Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot. Melalui Society 5.0, kecerdasan buatan yang mempertimbangkan sisi manusia mengubah jutaan data yang dikumpulkan melalui internet di segala bidang. Tentu kita berharap ini akan membawa kearifan baru bagi tatanan sosial. Tidak dapat disangkal bahwa transformasi ini akan membantu orang menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Society 5.0 juga menekankan perlunya merekonsiliasi pencapaian ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial. Di Industri 4.0 kita mengenal Cyber-Physical System (CPS) yang merupakan integrasi antara sistem fisik, komputer dan jaringan/komunikasi. Society 5.0 adalah peningkatan dari CPS ke Sistem Manusia Cyber-Fisik. Manusia tidak hanya dijadikan objek (elemen pasif), tetapi juga berperan aktif sebagai agen (pemain aktif) yang bekerja sama dengan sistem fisik untuk mencapai tujuan (goals). Oleh karena itu, interaksi antara mesin (sistem fisik) dan manusia tetap diperlukan. Aktivitas digital di bidang marketplace ditandai dengan adanya adanya aplikasi Bukalapak dan Marketplace. Dibidang Sharing Economy ditandai dengan adanya aplikasi swap, zopa, BookMooch, dan Carpooling.com. Dibidang Education ditandai dengan adanya Coursera, edX, Canvas, Diversity, NovoED, Open 2 study, dan Future Learn. Transformasi ekonomi dunia berdampak pada penggunaan teknologi digital pada berbagai aktivitas. Skill industri masa depan yang harus dimiliki manusia society 5.0 yaitu Complex Problem Solving, Social Skill, Process Skill, System Skill, dan Cognitive Abilities.</p> Roby Setiadi Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1660 Mon, 21 Aug 2023 02:13:54 +0000 MEMPERSIAPKAN SDM UNGGUL (RECOVERY EKONOMI PASCA PANDEMI MENUJU ERA 5.0) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1667 <p>Dampak pandemi covid 19 mempengaruhi hampir semua sendi kehidupan termasuk didalamnya sector ekonomi. Salah satu langkah untuk mengatasi dampak ekonomi setelah pandemic yaitu melalui transformasi ekonomi digital yaitu produk yang dihasilkan pada era revolusi industry 4.0. Society 5.0 adalah istilah yang mengandung arti: Masyarakat yang dapat menyelesaikan permasalahan social dengan memanfaatkan teknologi inovasi yang lahir pada era 4.0. Mempunyai tujuan untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan manusia dengan penggunaan teknologi modern dalam kehidupan sehari harinya. Dengan keadaan seperti itu maka kita harus mengantisipasi dengan mempersiapkan sumber daya manusia dengan cara pertama; Meningkatkan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), kedua; Meningkatkan keimanan dan ketakwaan (IMTAK). Harapannya adalah 1. Pemanfaatan teknologi yang bijak. 2. Hasil yang efektif dan efisien, 3. Creativity, critical thinking, Communication and Collaboration. Setelah itu kita akan mendapatkan sumber daya manusia yang unggul, yaitu pertama; Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, yang kedua; Melaksanakan keimanan dan ketakwaan dalam pekerjaannya.</p> Asep Qustolani Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1667 Mon, 21 Aug 2023 02:46:57 +0000 HOW CAN BUSINESS BOUNCE BACK BETTER AFTER THE PANDEMIC? https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1670 <p>Pandemi covid-19 di tahun 2020 memberikan dampak penurunan laju pertumbuhan PDB di berbagai sektor. Penurunan laju pertumbuhan yang terjadi di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di tahun 2019 yang semula menunujukan 3,61% mengalami penurunan menjadi 1,77 %. Penurunan laju pertumbuhan paling parah terjadi pada sektor penyedia akomodasi dan makan minum yang semula di tahun 2019 menunjukan 5,79% mengalami penurunan menjadi -10,26%. Begitu pula penurunan pada sektor industry pengolahan yang semula di tahun 2019 menunjukan 3,8% mengalami penurunan menjadi -2,93%. Ditahun 2021, semua sektor berusaha mengembalikan stabilitas setelah mengalami penurunan presentase akibat pandemi covid-19. Kondisi inilah yang di sebut dengan “bounce back” dimana laju pertumbuhan kembali memantul lebih tinggi agar laju pertumbuhan PDB di Indonesia meningkat dan memberikan presentase yang lebih baik. Penurunan PDB yang terjadi akibat pandemi covid-19 dapat dilakukan peningkatan laju dengan meningkatkan value bisnis. Value bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu do an audit of your company's services, diversify your income sources, ask for feedback from your current customers, evaluate opportunities with a marketing eye, don't forget about your team's morale, dan Stay inspired.</p> Mahirun Mahirun Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1670 Mon, 21 Aug 2023 02:51:21 +0000 PEMASARAN 4.0 DI ERA EKONOMI DIGITAL https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1675 <p>Perubahan bisnis terus bergerak menuju era ekonomi digital. Marketing 4.0 mengkombinasikan interaksi offline dengan online antara perusahaan dengan pelanggan. Teknologi berguna sebagai relasi machine-to-machine, tetapi tidak cukup untuk membangun relasi human-to-human. Ini adalah alasan mengapa integrasi keduanya diperlukan. Melalui marketing 4.0 ini bertujuan untuk mengetahui dalam kondisi brand produk saat ini. Harapanya, setelah mengetahui posisi, barulah menentukan apa strategi yang harus dilakukan untuk mengatasi fenomena yang terjadi. Marketing 4.0 merupakan pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan offline dengan tujuan memenangkan advokasi konsumen.&nbsp;</p> Billy Dahlan Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1675 Mon, 21 Aug 2023 03:41:45 +0000 IMPLEMENTASI DALAM PENERAPAN KAIDAH ETIKA BISNIS PADA PT. PRIMATEXCO INDONESIA DI KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1676 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi etika bisnis pada PT. Primatexco Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualtatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian kepustakaan dan wawancara. Analisis dilakukan dengan mengkaitkan literatur mengenai nilai-nilai etika bisnis dengan implementasi di perusahaan. Hasil penelitian menujukkan bahwa PT. Primatexco Indonesia sudah menerapkan etika bisnis sesuai dengan teorinya. Berdasarkan kajian dan wawncara mendalam, ditemukan bahwa PT. Primatexco Indonesia selalu memperhatikan kepentingan seluruh stakeholdenya dalam menjalankan proses bisnisnya. Selanjutnya didapatkan bahwa PT. Primatexco Indonesia sudah paturh terhadap aturan yang dibuat pemerintah, seperti melaporkan laporan tahunan, patuh dalam membayar pajak, serta memiliki izin berdirinya perusahaan. 3. PT. Primatexco Indonesia juga mengimplementasikan nilai-nilai dalam etika bisnis kepada para pesaingnya. PT. Primatexco Indonesia tidak melangar aturan- aturan yang sudah disepakati dengan para stakeholders dan selalu mengutamakan kualitas produk dan ketepatan produksi. Selanjutnya PT. Primatexco Indonesia juga melakukan kegiatan sosial, seperti bakti sosial dan selalu menjaga kenyamanan lingkungan.</p> Afifudin Afifudin, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1676 Mon, 21 Aug 2023 03:58:18 +0000 PENGARUH INSTAGRAM MARKETING DAN BRAND AWARENES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA KONSUMEN GURICH.ID) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1679 <p>Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Instagram. Saat ini, Instagram tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi sebagai sarana bisnis dan pemasaran. Gurich.id merupakan bisnis yang memanfaatkan pemasaran online melalui media sosial Instagram. Gurich.id bergerak dalam bidang penjualan makanan. Sebagai bisnis yang masih berkembang dengan penjualan utama memanfaatkan media sosial Instagram, maka perlu dilakukan analisis “Pengaruh Instagram Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”. Artikel ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram Gurich.id yang berjumlah 164 orang, dan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Instagram marketing (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) dan brand awareness (X2) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Dari perspektif Etika Bisnis Islam, secara umum pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh Gurich.id dalam mencapai tujuan perusahaan adalah mengikuti syariat Islam berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu kejujuran, keadilan, dan toleransi antara penjual dan pembeli.</p> Nadya Rizky Setiawan, M. Shofiyuddin Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1679 Mon, 21 Aug 2023 04:05:39 +0000 PENGARUH PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA HOME INDUSTRI DI KABUPATEN PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1681 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja pelaku home industry di Kabupaten Pekalongan. Pengelolaan SDM meliputi fungsi rekrutmen-seleksi, pengembangan SDM, pemberian kompensasi, dan pemeliharaan SDM Sampel penelitian ini sebanyak 30 pelaku home industry di Kabupaten Pekalongan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan dengan regresi linier berganda. Hasil Penelitian menujukkan bahwa rekrutmen-seleksi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pelaku home industry, Namun pengembangan SDM berpengaruh negatif tidak signifikan, pemberian kompensasi berpengaruh positif tidak signifikan, dan pemeliharaan SDM berpengaruh positif tidak signifikan</p> Desi Afrianingsih, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1681 Mon, 21 Aug 2023 04:13:25 +0000 PENERAPAN BUDAYA ORGANISASI PADA BMT XXX https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1685 <p>Budaya organisasi pada konsep yang paling dasar adalah pola-pola asumsi yang dimiliki bersama tentang bagaimana pekerjaan diselesaikan dalam sebuah organisasi. Dengan adanya budaya organisasi yang baik terhadap karyawan diharapkan dapat meningkatkan tingkah laku yang menjunjung tinggi rasa hormat dan sopan santun di dalam lingkungan kerjanya dan dapat meningkatkan kinerjanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai budaya organisasi di BMT XXX. Di dalam paper ini, peneliti memilih menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan demikian data yang terkumpul berbentuk deskriptif, gambar, bukan angka-angka. Penelitian deskritif bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Budaya Organisasi di BMT XXX yang menjadi nilai semangat kerja yaitu 1) Keteladanan, (2) Integritas dan (3) Profesionalisme. Integritas para pekerja di BMT XXX pada dasarnya sudah cukup baik ditandai dengan perilaku jujur dan kedisiplinan yang baik, tetapi dedikasi para pekerja untuk pekerja kontrak dinilai sangat kurang karena masa kerja yang hanya beberapa tahun saja. Profesionalisme menurut para pekerja di BMT XXX ialah melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Nilai keteladanan di BMT XXX sangat baik, karena tidak adanya perilaku menyimpang dari seluruh pekerja yang ada.</p> M Rofiansa Sulthon, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1685 Mon, 21 Aug 2023 04:23:48 +0000 PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1687 <p>Pelatihan kerja merupakan keseluruhan kegiatan untuk memperoleh dan meningkatkan, serta mengembangkan produktifitas, kompetensi kerja, disiplin, etos kerja. Pelatihan kerja memiliki peran yang besar terhadap peningkatan aktivitas sehingga penyelenggaraan kepemerintahan menjadi semakin maksimal Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat pelatihan terhadap kinerja aparatur pemerintah desa se Kecamatan Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan berupa kuesioner (angket). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Kaur/kasi Perangkat Desa se Kecamatan Pemalang yang berjumlah 54 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah desa se Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.</p> Wasis Wasis, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1687 Mon, 21 Aug 2023 04:27:42 +0000 KAJIAN KOMITMEN ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KINERJA https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1688 <p>Penelitian terdahulu atau penelitian yang relevan sangat penting dalam suatu penelitian atau artikel ilmiah. Penelitian terdahulu atau penelitian yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan penomena hubungan atau pengaruh antar variable. Kajian ini mereview faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai melalui kepuasan kerja, lingkungan kerja dan komitmen organsiasi, Suatu Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia. Hasil dari library research ini adalah bahwa: 1)komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, 2)lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan 3)kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan</p> Andi Septiadi, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1688 Mon, 21 Aug 2023 04:32:32 +0000 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI (LITERATURE REVIEW ) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1690 <p>Riset terdahulu yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset ini berfungsi untuk memperkuat teori serta pengaruh antar variable. Artikel ini mereview faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai dan Kepuasan Kerja Pegawai, yaitu: Lingkungan Kerja dan Kompensasi, suatu studi literature Manajemen Sumber Daya Manusia. Hasil dari library research ini adalah bahwa: 1) Lingkungan kerja berpengaruh terhadap Kinerja; 2) Kompensasi berpengaruh terhadap Kinerja; 3) Lingkungan kerja berpengaruh terhadap Kepuasan kerja; 4) Kompensasi berpengaruh terhadap Kepuasan kerja; dan 5) Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai.</p> Ahmad Khanafi, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1690 Mon, 21 Aug 2023 04:37:05 +0000 STRATEGI PENINGKATAN PEMBIAYAAN BPRS SURIYAH MENGGUNAKAN SISTEM FRONTING AGENT (PT KHADEEJA ADI NUGROHO) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1692 <p>Penelitian ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi khususnya di BPR Jawa Tengah dalam meningkatkan portofolio kredit setelah pandemi Covid-19. Efek dari pandemi covid-19 membuat beberapa lembaga keuangan khususnya Perbankan, merubah strategi strategi baru dalam meningkatkan Portofolio bisnis dan Kesehatan bisnisnya yaitu dengan menggunakan salah satu cara yang biasa di sebut dengan system Fronting Agent atau Agen Pemasaran. Agen pemasaran adalah suatu pekerjaan yang berfungsi untuk memasarkan suatu barang, jasa atau produk tertentu. Agen pemasaran menjalankan bisnis berdasarkan komisi, didapatkan dari prinsipal. Teknik pengumpulan data menggunkan dengan cara observasi di bidang bisnis dan bidang manajemen resiko, wawancara yang dilakukan oleh 3 narasumber di bidang bisnis, bidang manajemen resiko dan bidang pemasaran, di dokumentasi dengan beberapa karyawan terkait profitabilitas dalam manajemen kredit dan studi literatur. Jenis pendekatan penelitian studi kasus ini dengan analisis deskriptif kualitatif yang menjelaskan dan menggambarkan peristiwa aktual tanpa direkayasa dalam bentuk narasi.</p> Adityo Nugroho, Danang Satrio Copyright (c) 2023 SENESIS (Seminar Nasional Ekonomi Bisnis) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1692 Mon, 21 Aug 2023 04:42:06 +0000 EFEKTIFITAS E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PERFORMANSI TEKNISI DI PT.TELKOM AKSES WITEL PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1793 <p>PT.Telkom Akses merupakan perusahaan penyedia jasa jaringan <em>fiber optic</em> yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan jaringan akses <em>broadband</em> di Indonesia. Upaya PT.Telkom Akses dalam memenuhi kebutuhan jaringan akses <em>broadband</em> di seluruh wilayah Indonesia tersebut tidak terlepas dari peran penting para teknisi yang merupakan ujung tombak perusahaan dalam meningkatkan performansi untuk memberikan pelayanan dan kepuasan kepada para pelanggan. Sehingga, perlu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang terus-menerus bagi para teknisi tersebut. <em>E-learning</em> hadir menjawab kebutuhan perusahaan dalam menjamin peningkatan pengetahuan dan keterampilan para teknisi. Studi ini menggunakan desain dengan membandingkan data closing tiket sebelum dan sesudah diberikan e-learning dengan melibatkan e-learning sebagai variabel independen dan performansi sebagai variabel dependen. 65 teknisi yang berasal dari divisi IOAN (<em>Integrated Operation Akses Network</em>) di wilayah Telkom Kota Pekalongan yang tersebar pada wilayah kerja Pemalang, Brebes, Tegal, Slawi, Pekalongan, dan Batang telah direkrut menjadi sampel. Studi ini berlangsung selama satu bulan yaitu bulan Agustus dan September 2022. Hasil studi menunjukkan ada peningkatan performansi jumlah tiket <em>close</em>. Hal ini menunjukkan bahwa E-learning memberikan dampak positif bagi peningkatan performansi teknisi sehingga diharapkan perusahaan mampu untuk mempertahankan upaya ini sebagai bentuk komitemen dalam mewujudkan pemenuhan jaringan akses <em>broadband</em> di wilayah Indonesia.</p> Bayu Agung Riyantoro, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1793 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH ETIKA KERJA, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1794 <p>Tata kelola perusahaan yang baik dapat terwujud karena adanya etika, moral dan nilai secara internal dan institusi secara eksternal. Disamping itu komitmen terhadap organisasi dan budaya organisasi juga dipandang sebagai suatu orientasi nilai terhadap organisasi yang bersangkutan dengan karyawan yang ditunjukkan melalui pemikiran dan memprioritaskan kegiatannya (usaha dan kerja keras) untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara etika kerja, budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Metode dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik <em>Purposive Sampling</em>. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 30 responden. Pengukuran indikator variabel kuisioner pada penelitian ini menggunakan Skala Likert. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji signifikan simultan (Uji -F), uji signifikan parsial (Uji- t) dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh antara etika kerja, budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.</p> Kurniawati Kurniawati, Chalimah Chalimah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1794 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA BISNIS KULINER UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1795 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pemasaran online pada bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan. Perkembangan teknologi dan informasi berbasis internet yang begitu pesat, telah membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk melakukan cara baru dalam bidang pemasaran. Strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh UMKM di era digital ini adalah dengan memanfaatkan media online dalam kegiatan pemasaran produk sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen, dapat melakukan perbaikan kualitas produk dan dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memberikan pelayanan secara online melalui layanan delivery order (Afriyanti, 2021). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber artikel dan buku. Analisis dilakukan dengan studi kasus dan dikaitkan dengan literatur mengenai strategi pemasaran online di era digital. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kunci keberhasilan strategi pemasaran online pada bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan tansformasi digital dalam kegiatan pemasaran dan penjualan produk, menggunakan media sosial untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen serta memberikan nilai tambah pada produk dan layanan yang diberikan.</p> Isnah Karimah, Danang Satrio Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1795 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL ALAT-ALAT KONVEKSI MUNA KEDUNGWUNI https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1796 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikasi etika bisnis islam terhadap kepuasan konsumen di toko ritel alat-alat konveksi Muna Kedungwuni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi adalah semua pelanggan di toko<em> Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan</em>. Sampel penelitian berjumlah 70 responden dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Etika bisnis Islam (X1) dengan indikator pengukuran sebanyak 4 dan Kulitas Pelayanan (X2) sebanyak 6 indikator, sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Pelanggan (Y) dengan indicator sebnayak 4. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Etika Bisnis Islam (X1) dan kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,046. Sedangkan hasil penelitian secara parsial Etika Bisnis Islam (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) 0,225 dan kualitas Pelayanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,056.</p> Muhammad Nuskan Abdi, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1796 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP ETIKA BISNIS PADA MIE GACOAN PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1797 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap Etika Bisnis pada Mie Gacoan di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Analisis dilakukan dengan mengaitkan studi literatur terhadap Mie Gacoan mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap etika bisnis pada perusahaan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah analisis yang telah dilakukan di mie gacoan sendiri dapat disimpulkan bahwa harga yang relatif terjangkau tidak menurunkan performa etika bisnis pada Mie Gacoan. Kualitas pelayanan yang dilakukan Mie Gacoan terpantau baik, hal tersebut mengindikasikan bahwa telah tercipta etika bisnis yang baik dimata masyarakat umum sebab kualitas pelayanan yang selalu prima</p> Ganeshakti Chandra Gautama, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1797 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS CANNED MESSAGE SEBAGAI MEDIA ETIKA BERKOMUNIKASI DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW (OCR) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA GOJEK https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1798 <p>Tingginya minat masyarakat terhadap penggunaan jasa transportasi <em>online </em>membuat masing-masing perusahaan berusaha meningkatkan kualitas pelayanan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Gojek menghadirkan <em>canned message </em>di aplikasi percakapannya agar komunikasi antara pengemudi dan pengguna berjalan efektif dengan menggambarkan situasi mana seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan oleh pengendara berdasarkan standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, fitur <em>Online Customer Review (OCR) </em>juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memberikan penilaian terhadap pengemudi. Keterbukaan OCR ini secara langsung menuntut pengemudi menjaga standar pelayanannya untuk memberikan kepuasan kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas <em>canned message</em> sebagai media etika berkomunikasi dan <em>Online Customer Review</em> (OCR) secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengguna Gojek. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas <em>canned message</em> sebagai media etika berkomunikasi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna Gojek, sedangkan <em>online customer review</em> secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna Gojek. Sementara itu, efektivitas <em>canned message </em>sebagai media etika berkomunikasi dan <em>online customer review </em>secara simultan mempengaruhi kepuasan pengguna Gojek sebesar 31,2%, sisanya 68,8% dipengaruhi oleh variabel lain.</p> Mohamad Sidik, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1798 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE QUALITY SEBAGAI PEMODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2017-2021) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1810 <p><em>Sustainability report </em>adalah laporan tentang dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial yang disebabkan oleh kegiatan sehari-hari yang diterbitkan oleh perusahaan atau organisasi. Pengungkapan <em>sustainability report </em>dimaksudkan untuk mendapatkan legitimasi dari masyarakat dan memenuhi kepentingan para pemangku kepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa pengaruh kinerja keuangan terhadap <em>sustainability report </em>dengan <em>good corporate governance quality</em> sebagai pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021 sebanyak 171 perusahaan. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dengan kriteria perusahaan menerbitkan <em>annual report</em> dan <em>sustainability report </em>pada tahun 2017-2021 secara berturut-turut. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel perusahaan manufaktur sebanyak 10 perusahaan. Penelitian ini menggunakan Teknik Analisis Regresi Moderasi dengan software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas,solvabilitas, likuiditas berpengaruh negatif&nbsp; terhadap <em>sustainability report, </em>sedangkan aktivitas berpengaruh positif terhadap <em>sustainability report </em>. <em>Good corporate governance </em>sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan aktivitas terhadap <em>sustainability report</em></p> M. Jefri Maulana, Syafnita Syafnita Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1810 Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE , KEBIJAKAN UTANG DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG MEMPEROLEH CGPI DAN TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1811 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh dari <em>Good Corporate Governance </em>, Kebijakan Utang dan Ukuran Perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan yang memperoleh CGPI dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu dengan menggunakan metode <em>purposive sampling, </em>berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Good Corporate Governance</em> tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, Kebijakan Utang berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif terhadap kinerja kuengan</p> Retno Dwi Ningsih, Syafnita Syafnita, Rika Adriyana Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1811 Fri, 08 Sep 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA BISNIS FASHION https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1832 <p>Teknologi informasi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dalam kurun waktu tersebut ditemukan sebuah platform yang memungkinkan orang di seluruh dunia untuk terhubung satu sama lain yang disebut social media. Dewasa ini, beragam sosial media yang mengalami perkembangan paling pesat dan sudah banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk dan dijadikan salah satu strategi marketing oleh beberapa pelaku bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan social media sebagai sebuah strategi bisnis oleh beberapa pelaku bisnis berbasis online. Pemanfaatan digital marketing dapat diterapkan dalam pemasaran produk dan dapat memperkokoh brand image dari produk. Platform media sosial menghasilkan tingkat keterlibatan tertinggi dari sisi konsumen. Pemantauan dan pengawasan yang konstan serta komitmen untuk peningkatan kualitas, maka digital marketing dapat dimanfaatkan untuk pemasaran.</p> Ahmad Khanafi Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1832 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1833 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh komunikasi dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship&nbsp; behaviour di pimpinan cabang Nasyiatul Aisyiyah Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Dari penelitian ini diharapkan menghasilkan analisa yang berguna untuk menyajikan informasi tentang pengaruh komunikasi dan budaya organisasi terhadap organizational citizenshiep behaviour. Untuk menguji antar variabel peneliti menggunakan metode analisa menggunakan SPSS 20. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan populasi 48 anggota dan seluruhnya sebagi sampel penelitian, sedangkan sampel yang diolah menurut (180; Muhamad, Metedologi penelitian ekonomi islam) adalah 33 responden. Uji terhadap instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas, dengan koefisien alpha alat uji statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji komorglovsmirnov, uji probabiliplot, uji t, dan uji R2. Dengan hasil penelitian, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Nasyiatul Aisyiyah Cabang Kajen. Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pada Nasyiatul Aisyiyah Cabang Kajen. Komunikasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pada Nasyiatul Aisyiyah Cabang Kajen.</p> Desi Afrianingsih Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1833 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERAN PIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN TERHADAP PEMBENTUKAN BUDAYA KERJA https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1877 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara peran pimpinan dan motivasi kerja terhadap pembentukan budaya kerja karyawan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang mencari hubungan antara variabel satu dengan yang variabel yang lainnya. Dipilih dua variabel bebas yaitu peran pimpinan dan motivasi kerja dan dicari pengaruhnya terhadap variabel terikat yaitu pembentukan budaya kerja karyawan. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh seluruh karyawan Puskesmas Bendan Kota Pekalongan. Pengukuran indikator variabel kuesioner menggunakan Skala Likert dengan skor 1-5 yang menunjukkan tingkat kesetujuan/ketidaksetujuan responden. Selanjutnya pada data yang terkumpul dilakukan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Dari Analisa hasil penelitian didapatkan bahwa peran kepemimpinan dan motivasi kerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap pembentukan budaya kerja di Puskesmas Bendan Kota Pekalongan. Dari segi keilmuan, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi untuk mengembangkan ilmu, sedangkan dari sisi praktis, hasilnya diharapkan dapat menjadi masukan dalam merumuskan kebijakan. Ke depan dapat dikaji lebih jauh lagi tentang faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pembentukan budaya kerja.</p> Endah Dewianasari Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1877 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI STRATEGI INTERACTIVE MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN BRAND AWARNESS KONSUMEN DI SPA KAMPOENG PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1878 <p>Pemasaran di dalam sosial media tentunya membutuhkan suatu strategi yang dapat meningkatkan pemasaran dan juga <em>brand awareness</em> pada konsumen. Salah satu strategi yang dibutuhkan yaitu strategi pemasaran interaktif. Startegi pemasaran pemasaran interaktif ini berguna untuk menjalin hubungan yang baik antara penyedia jasa/barang dalam memasarkan produknya kepada konsumen, salah satunya melalui social media Whatsapp Business. Spa Kampoeng Pekalongan merupakan penyedia layanan jasa treatment spa dan kecantikan khusus wanita yang berada di Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang menggunakan WhatsApp Business sebagai salah satu media utama untuk melakukan pemasaran interaktif dikarenakan mudah dan efektif dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji bagaimana peran WhatsApp Business sebagai strategi <em>marketing interactive</em> dalam meningkatkan penjualan dan <em>brand awarness</em> konsumen di Spa Kampoeng Pekalongan. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan proses pengumpulan data melalui wawancara kepada admin sebagai informan utama serta melakukan observasi dan dokumentasi data. Hasil dari penelitian ini ialah WhatsApp Business memiliki peran penting dan efektif dalam mendekatkan&nbsp; hubungan antara konsumen dengan penyedian jasa agar terwujud transaksi reservasi layanan treatment. Di Spa Kampoeng Pekalongan</p> Parasamya Dewi Cipta Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1878 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA KSPPS BTM PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1879 <p>Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan transformasional dan komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data pimer diperoleh dengan menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form kepada Karyawan KSPPS BTM Pekalongan. Data sekunder bersumber dari literatur baik jurnal, buku maupun berita on line. Praktek komunikasi yang baik menjadi jantung suksesnya bisnis&nbsp; sedangkan kepemimpinan transformasional adalah dirigent yang mengorkestrasi dalam harmoni organisasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional dan komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan KSPPS BTM Pekalongan.</p> Akhmad Zaeni Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1879 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PEKALONGAN (STUDI PADA PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1880 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh etika bisnis islam dan kualitas produk <em>fashion</em> terhadap kepuasan konsumen di Pekalongan pada <em>marketplace Shopee</em>. Jenis penelitian ini merupakan <em>explanatory research</em> dengan menggunakan pendekatan kauntitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 konsumen produk <em>fashion </em>di Pekalongan pada <em>marketplace Shopee</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa etika bisnis islam secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Etika bisnis islam dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai <em>adjusted R square</em> adalah 0,781 yang berarti bahwa pengaruh etika bisnis islam dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk <em>fashion</em> di Pekalongan pada <em>marketplace Shopee</em> adalah sebesar 78,1% dan sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.</p> Isnah Karimah, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1880 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA (STUDI KASUS PADA GENERASI MILENIAL) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1881 <p>Keputusan penggunaa yaitu sikap yang dilakukan konsumen untuk memilih salah satu diantara beberapa alternative pilihan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi Kemudahan<em>, </em>Persepsi Kemanfaatan , Persepsi Keamanan terhadap Keputusan penggunaan <em>e-wallet </em>DANA pada generasi milenial . Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini yakni penelitian kausal. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh generasi milenial yang memakai <em>e-wallet </em>DANA di Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini memakai metode <em>purposive sampling</em>. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Jenis data yang dipakai pada penelitian ini yakni data primer. Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner secara <em>online. </em>Teknik analisis yang dipakai Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Kecocokan Model, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis memakai Uji Parsial (Uji t) dan Koefisien Determinasi (R<sup>2</sup>) dengan bantuan program SPPS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan penggunaan <em>E-Wallet </em>DANA, Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan penggunaan <em>E-Wallet </em>DANA, Persepsi Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan penggunaan <em>E-Wallet </em>DANA.</p> Restian Kristiyanti, Kamalina Din Jannah, Dian Milasari Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1881 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI DISRUPSI INOVATIF MELALUI TECHNOPRENEURSHIP BAGI KALANGAN MILENIAL DI MASA DISRUPSI EKONOMI https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1882 <p>Pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang memadai akan memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Salah satu faktor penunjang pertumbuhan dan perkembangan eknomi adalah usia produktif. Milenial merupakan generasi yang termasuk dalam usia produktif, walaupun terminologi milenial kerapkali campur aduk dengan gen z namun keduanya masuk kedalam usia produktif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa banyak potensi milenial yang dapat diberdayakan di era disrupsi ekonomi ini melalui pemanfaatan teknologi berdasarkan data-data yang ada. Milenial menurut hasil survei APJII tahun 2023 dan 2022 menunjukkan hasil yang cukup tinggi dan baik dalam akses teknologi informasi komunikasi khususnya internet. Kemampuan adaptasi yang baik ini akan lebih bermanfaat apabila juga diarahkan kepada pengembangan <em>technopreneurship</em> sehingga kebiasaan konsumtif generasi milenial dapat dialihkan menjadi kebiasaan produktif melalui pemanfaatan teknologi di era disrupsi ekonomi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan pustaka atau studi pustaka dalam mengumpulkan dan mengolah data. Studi ini merupakan serangkaian metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah data penelitian. Penelitian pustaka tidak langsung terjun ke lapangan melainkan mengguanakan data teks, angka atau kepustakaan. Studi pustaka&nbsp; menggunakan data sekunder dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Berdasarkan penjelasan tersebut, pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menelaah jurnal, buku atau dokumen baik cetak atau elektronik serta sumber data lainnya yang relevan dengan penelitian ini.</p> Muhammad Haidar Fikri Kurniali Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1882 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1883 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>Explanatory Research</em> pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Alat analisis yang digunakan Uji regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Kepemimpinan&nbsp; berpengaruh positif terhadap Motivasi Kerja Guru. Hal ini dibuktikan dengan uji t dan sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh (Murni &amp; Sulasmi, 2021). Jadi hipotesis yang menyatakan Kepemimpinan berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru terbukti kebenarannya. Budaya Sekolah berpengaruh positif terhadap Motivasi Kerja Guru. Hal ini dibuktikan dengan uji t dan sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh (Murni &amp; Sulasmi, 2021). Jadi hipotesis yang menyatakan Budaya Sekolah berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru terbukti kebenarannya.</p> Ismi Ika Yunita Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1883 Thu, 21 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PERCEIVED EASE TO USE DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP INTENTION TO USE DENGAN PERCEIVED USEFULNESS DAN ATTITUDE TOWARDS USE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1884 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dai perceived ease to use dan subjective norm terhadap intention to use dengan perceived usefulness dan attitude towards use sebagai variabel intervening (studi pada pengguna aplikasi mobile JKN di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Kota Pekalongan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada 39 pengguna aplikasi mobile JKN di wilayah BPJS Kesehatan Kota Pekalongan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived ease to use, subjective norm, perceived usefulness, dan atitude towards use secara ersama-sama memberikan pengaruh terhadap intention to use sebesar 71,1%. Perceived ease to use, dan subjective norm memberikan pengaruh terhadap atitude towards sebesar 85,5%. Perceived ease to use, dan subjective norm memberikan pengaruh terhadap perceived usefulness sebesar 69,6%. Sedangkan pada uji signifikansi memperlihatkan bahwa Attitude towards use, dan perceived usefulness memberikan pengaruh yang signifikat terhadap intention to use. Perceived ease to use dan subjective norm tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intention to use. Perceived ease to use dan subjective norm memberikan pengaruh yang signifikan kepada atitude towards use. Perceived ease to use memberikan pengaruh yang signifikan kepada perceived usefulness. Subjective norm tidak memberikan pengaruh yang signifikan kepada perceived usefulness.</p> Isti Windari Suryaningsih Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1884 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS DESA WRINGINAGUNG) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1887 <p>Sumber daya manusia mempunyai arti penting karena manusia berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi. Manusia dalam organisasi berperan sebagai penentu, pelaku dan perencana dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah Kepemimpinan transformal, Organizational Citizenship Behavior, Dukungan Organisasberpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun simultan. Studi kasus yang dilakukan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa.Teknik pengumpulan data dala penelitian ini menggunakan Kuesioner dan kajian literatur. Dari jumlah populasi penelitian sebanyak 60 orang yang juga digunakan sebagai sampel (Sampel Jenuh). Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik sedangkan analisis untuk menguji hipotesis berupa analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Hasil uji regresi berganda secara parsial ditemukan bahwa seluruh variabel indepenend (X) yaitu kepemimpinan transformal (X1) OCB (X2), dan Dukungan Organisasi(X3) dengan signifikan memberikan kontribusi yang besar terhadap variabel kinerja pegawai, hasil tersebut terlihat berdasarkan nilai signifikan berada dibawah 0.05 dan uji regresi berganda secara simultan ditemukan juga bahwa seluruh variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai . Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa variabel OCB merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai . hal tersebut terlihat pada nilai Standarlized coefficient beta sebesar 0,397</p> Muhammad Shodikin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1887 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU INOVATIF PENGURUS ORGANISASI NON-PROFIT (STUDI KASUS PENGURUS ORGANISASI NON-PROFIT DI KEDUNGWUNI, PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1885 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap perilaku inovatif pengurus. Berdasarkan jenisnya, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Adapun responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) faktor kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif, (2) faktor motivasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perilaku inovatif, (3) faktor komitmen organisasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perilaku inovatif, (4) faktor yang paling mempengaruhi perilaku inovatif adalah variabel kepemimpinan yaitu sebesar 39,1%.</p> Muhammad Nuskan Abdi Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1885 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1886 <p>Teknologi informasi mengalami kemajuan pesat disemua bidang termasuk di bidang kesehatan. Perkembangan ini mengharuskan rumah sakit melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan serta tuntutan kebutuhan yang berubah cepat dan dinamis agar mampu eksis dan memiliki daya saing. Permenkes Nomor 24 tentang Rekam Medis pada pasal 3 yang menyatakan bahwa fasyankes wajib rekam medis elektronik dan pada Pasal 45 yang menyatakan Rekam Medis Eleketronik paling lambat diimplementasikan 31 Desember 2023. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 40 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran dilakukan dengan skala likert (summated rating) dan analisis data menggunakan regresi linier dan uji efek mediasi menggunakan uji sobel. Hasil: persepsi kemanfaaatan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap sikap penggunaan RME, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap sikap penggunaan RME, persepsi kemanfaatan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap dukungan organisasi, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap dukungan organisasi, dukungan organisasi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap sikap penggunaan RME, dukungan organisasi memediasi persepsi kemanfaatan terhadap sikap penggunaan RME berpengaruh tapi tidak signifikan, dukungan organisasi memediasi persepsi kemudahan penggunaan&nbsp; terhadap sikap penggunaan RME berpengaruh tapi tidak signifikan.</p> Kurniawati Kurniawati Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1886 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 MODEL PENTAHELIX DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KABUPATEN PEKALONGAN, JAWA TENGAH https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1888 <p>Perkembangan pada pembangunan pariwisata mengalami dinamika dan adaptasi yang cepat. Kegiatan pariwisata merupakan katalisator pembangunan yang baik. Kegiatan pariwisata meningkat pertumbuhan ekonomi meningkat. Pertumbuhan ekonomi ini dapat berdampak pada tingkat kesejahteraan penduduk dan diharapkan mampu mengurangi masalah ekonomi seperti: pengangguran dan kemiskinan. Pariwisata memiliki trend positif secara kuantitas di Indonesia. Fenomena seperti ini seharusnya direspon positif oleh pemerintah dengan melakukan perbaikan dan peningkatan mutu dan kualitas kegiatan pariwisiata di Indonesia. Selama ini kegiatan pariwisata belum didukung sepenuhnya dengan akses jalan berkualitas ke tempat wisata dan minimnya upaya konservasi alam. Pariwisata berkelanjutan mengurangi dampak negatif dari kegiatan pariwisata pada lingkungan, masyarakat dan ekonomi untuk mencapai keseimbangan ekologis yang berkelanjutan, layak secara ekonomi, serta adil secara etis dan sosial. Model pengembangan pariwisata Pentahelix diharapkan mampu mewujudkan pariwisata berkelanjutan. Pentahelix jurus lima unsur yang disebut sebagai penentu kesuksesan pariwisata. “Rumusnya ABCGM, Academician, Business, Community, Government, Media. Lima unsur itu harus kompak, saling support, membangun iklim pariwisata yang kondusif. Pariwisata Berkelanjutan bahwa untuk menciptakan harmonisasi dan memastikan kualitas aktivitas, fasilitas, pelayanan, dan untuk menciptakan pengalaman dan nilai manfaat kepariwisataan agar memberikan keuntungan dan manfaat pada masyarakat dan lingkungan. Salah satu destinasi kepariwisataan Agrowisata Perkebunan PTPN IX Jolotigo Kabupaten Pekalongan memiliki peran besar dalam pembangunan nasional. Model Pentahelix untuk Pengembangan Pariwisata berkelanjutan dengan role model yaitu Agrowisata Perkebunan Teh PTPN IX Jolotigo Kabupaten Pekalongan harus memiliki kepedulian pada lingkungan, kesejahteraan masyarakat lokal, dan pelestarian budaya. Pengelolaan Agrowisata berpedoman pada <em>Sustainable Tourism</em>. Dalam hal <em>social networking</em>, PTPN IX Jolotigo Kabupaten Pekalongan yang dimiliki oleh BUMN selaku pemilik Agrowisata Perkebunan Teh tentu menjalin hubungan dengan berbagai pihak yaitu Akademisi, Perusahaan, Masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan, dan Media.</p> Harimurti Harimurti Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1888 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 NILAI-NILAI ISLAM PADA KINERJA KARYAWAN RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1889 <p>Sebuah perusahaan membutuhkan nilai-nilai, symbol serta kebersamaan untuk menciptakan kinerja perusahaan yang menjadi pembeda dengan yang lain. Nilai-nilai yang membedakan baik dan buruk Sebagian dipengaruhi oleh keyakinan seseorang atau system kepercayaan masyarakat. Agama adalah elemen mendasar yang membentuk keyakinan dan mempengaruhi semua komponen masyarakat. Dengan latar belakang seluruh karyawan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan beragama Islam, penulis menduga bahwa nilai-nilai Islam memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari nilai-nilai islam yang mempengaruhi kinerja karyawan pada RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala linkert, menggunakan sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel sebanyak 35 responden. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai islam yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan RSI PKU Muhammadiyah pekajangan yaitu kejujuran, ihsan, tanggung jawab, kebersihan, perfeksionis dan kerja sama</p> Isti Windari Suryaningsih Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1889 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN (STUDI PADA BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1890 <p>Penelitian ini&nbsp; dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran terhadap return saham perusahaan perbankan (Studi Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di BEI periode 2019-2021.&nbsp; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan <em>purposive sampling</em> dengan jumlah sampel sebanyak 41 perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di BEI selama periode 2019-2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Return on Asset</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan <em>Loan to Deposit Ratio</em> dan <em>Debt to Equity Ratio</em> berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham. Sementara itu, ukuran perusahaan <em>(Firm Size)</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.</p> Novita Sari, Meliza Meliza, Anggrainy Putri Ayuningrum Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1890 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH GREEN INNOVATION TERHADAP KINERJA INOVASI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF YANG DIMEDIASI OLEH MANAGERIAL ENVIRONMENTAL CONCERN (STUDI KASUS PADA UMKM BATIK DI PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1891 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai <em>green innovation</em> yang terbagi menjadi <em>green product innovation </em>dan <em>green process innovation </em>terhadap kinerja inovasi dan keunggulan kompetitif, serta mengetahui hubungan <em>managerial environmental concern </em>sebagai mediasi dalam hubungan <em>green innovation</em> terhadap kinerja inovasi dan keunggulan kompetitif. Penelitian ini mengguankan metode pengambilan sampel berupa <em>non-probability</em> sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan <em>purposive sampling</em> sebanyak 32 responden. Metode analisis yang digunakan adalah SEM <em>(Structural Equation Modeling)</em> dengan pendekatan PLS (<em>Partial Least Square</em>). Hasil analisis menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara <em>green product innovation</em> dengan kinerja inovasi, antara <em>green process innovation</em> terhadap kinerja inovasi, antara <em>green process innovation</em> terhadap keunggulan kompetitif, antara kinerja inovasi dengan keunggulan kompetitif. Terdapat pengaruh positif antara <em>green product innovation</em> terhadap keunggulan kompetitif,. Selain itu <em>managerial environmental concern</em> memediasi hubungan antara <em>green product innovation</em> dengan kinerja inovasi, <em>green process innovation</em> dengan kinerja inovasi. <em>managerial environmental concern</em> tidak memediasi hubungan antara <em>green product innovation</em> dengan keunggulan kompetitif, antara <em>green process innovation</em> dengan keunggulan kompetitif.</p> Nurul Hidayanita Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1891 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 “THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE ON ORGANIZATIONAL PERFORMANCE” (STUDY KASUS PERUSAHAAN PT DELTA DUNIA TEXTIELE 4 PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1892 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran budaya organisasi yang ada didalam suatu organisasi, serta menemukan solusi pemecahan permasalahan organisasi. Penelitian terhadap peran budaya organisasi dimulai dari mengidentifikasi persepsi karyawan mengenai budaya organisasi, kemudian mengidentifikasi peran budaya organisasi, serta mengidentifikasi nilai-nilai budaya organisasi. Budaya organisasi pada mulanya akan dipengaruhi oleh budaya sekitar dari para anggota organisasi. Budaya organisasi menunjukan kepribadian dari organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara menggali informasi di website resmi Duniatex Group dan&nbsp; kuesioner secara sampling pekerja salah satu anak perusahaan Duniatex Group yaitu PT Delta Dunia Textile 4 Pekalongan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa dari kelima unsur budaya organisasi yaitu Kepemimpinan, Norma dan Praktek Manajemen, Cerita dan Tokoh, Tradisi dan Budaya, sudah mencerminkan dari peran budaya organisasi di Duniatex Group.</p> Nurul Aini Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1892 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1893 <p>Media Promosi saat ini mulai menggunakan media sosial dalam melakukan pemasaran. Nusantara Properti sebuah perusahaan property di daerah Pekalongan juga menggunakan&nbsp; media sosial dalam pemasarannya. Digunakan media twitter karena twitter juga dapat digunakan dengan metode <em>word of mouth</em>. Dengan menerapkan e-Word Of Mouth pada twitter Nusantara property berusaha meningkatkan hasil dari minat beli pengikutnya di twitter. Dilakukan analisa untuk tentang bagaimana media promosi dengan menggunakan e-<em>Word Of Mouth</em> dengan twitter dalam memberikan minat beli konsumen. Dari hasil didapatkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan <em>e-word Of Mouth </em>pada twitter @nusanpro memberikan pengaruh kepada keputusan pembelian perumahan. <em>e-word Of Mouth </em>pada twitter @nusanpro juga memberikan pengaruh yang signifikan positif pada minat beli konsumen property, sehingga apabila dilakukan usaha dalam menaikkan metode pemasaran menggunakan <em>e-word Of Mouth </em>pada twitter @nusanpro maka juga akan memberikan efek yang positif dan meningkatkan minat beli konsumen.</p> M Zulfikar, Danang Satrio Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1893 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN TERHADAP PENGGUNAAN QRIS DALAM PEMBAYARAN (STUDI KASUS APOTEK NINGS PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1894 <p>Saat ini industri ekonomi kreatif&nbsp; mulai banyak berkembang. Dalam manajemen transaksi juga muncul produk kreatif seperti penggunaan QRIS. Tetapi dalam penggunaan produk industri kreatif QRIS perlu dilakukan penelitian tentang alasan dalam penggunaannya. Oleh karena itu di ujilah bagaimana presepsi manfaat, kemudahan pengunaan dan keamanan dalam penggunaan QRIS pada pembayaran. Penelitian dilakukan pada Apotek Nings Kota Pekalonga. Dari estimasi yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa Pengaruh dari persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan Keamanan memberikan pengaruh terhadap Penggunaan QRIS sebesar 67,7%. Variabel kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan QRIS. Sedangkan variabel keamanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan QRIS dan variabel Presepsi manfaat juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan QRIS</p> M Rofiansa Sulthon Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1894 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH VIRAL MARKETING,ONLINE CONSUMER RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT DI SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA SCARLETT DI KOTA PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1895 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh <em>viral marketing, online consumer rating dan online consumer review terhadap keputusan pembelian produk scarlett di shopee</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna scarlett Kota Pekalongan. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode <em>purposive sampling</em>. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t. Dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa <em>viral marketing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, <em>online consumer rating</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan <em>online consumer review</em> berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian</p> Tia Nafisa Arianti, Siti Yunitarini, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1895 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH INISIATIF PERSONAL DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1897 <p>Persaingan bisnis yang dinamis dan sulit diprediksi menuntut perusahaan untuk menciptakan sistem kerja yang tangguh dan dinamis untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Budaya organisasi yang mengedepankan inisiatif perseorangan ditunjang dengan dukungan manajemen akan menciptakan sistem kerja dinamis terbuka terhadap perubahan selama diterima dan di internalisasi dengan baik oleh karyawan ditandai dengan kepuasan kerja yang mereka dapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inisiatif personal dan dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan inisiatif personal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Sementara itu, inisiatif personal dan dukungan organisasi mempengaruhi kepuasan kerja secara simultan</p> Mohamad Sidik, Siti Nurhayati Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1897 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH SELF-EFFICACY, KEPRIBADIAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS KOSPIN JASA PUSAT PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1898 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara self-efficacy, kepribadian, komitmen organisasi, dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada Kospin Jasa Pusat Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan subyek penelitian karyawan tetap Kospin Jasa Pusat Pekalongan. Dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> Vicky Akbar, Ari Muhardono Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1898 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH LEADERSHIP DAN KARAKTERISRIK INDIVIDU TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1899 <p>Kepuasan kerja yang didapatkan karyawan akan membentuk budaya organisasi dalam bekerja yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja karyawan. Ketika pekerja tidak memiliki kepuasan dalam pekerjaannya, maka akan mempengaruhi kinerjanya dalam bekerja dan budaya dalam organisasi akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Leadership dan Karaktersitik Individu terhadap Kepuasan Kerja dengan Budaya Organisasi sebagai variabel intervening pada karyawan Industri Tenun Sarung Goyor Bapak Shonhaji Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>Non Probability Sampling</em> dengan teknik <em>Saturation Sampling </em>(Sampel Jenuh)dan sampel yang digunakan adalah 40 Responden. Alat analisis yang digunakan meliputi Uji Instrumen yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis berupa uji t, Uji Koefisien Determinasi, Analisis Jalur (<em>Path Analysis</em>) dan Uji Sobel. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa varaibel leadership berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel karakteristik berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel <em>leadershi</em>p berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan budaya organisasi sebagai variabel intervening, variabel karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan budaya organisasi sebagai variabel intervening dan variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Variabel yang dapat ditambahkan untuk penelitian selanjutnya adalah Motivasi kerja, Lingkungan Kerja, Kompensasi, Komunikasi dan Beban Kerja</p> Ulfakhatun Ulfakhatun Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1899 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, BEHAVIOR INTENTION, KEAMANAN BERTRANSAKSI NON TUNAI PADA PENGGUNAAN QRIS MELALUI APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1900 <p>Penggunaan transaksi non tunai semakin populer di Indonesia, terutama setelah pemerintah mendorong penggunaannya sebagai salah satu upaya untuk mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan efisiensi transaksi. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan teknologi yang diperkenalkan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan transaksi non tunai di Indonesia. Namun, masih banyak pengguna yang enggan menggunakan QRIS karena alasan keamanan dan kesulitan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived ease of use dan behavior intention pada penggunaan QRIS melalui aplikasi mobile banking terhadap kepuasan dan keamanan bertransaksi non tunai. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi mobile banking dengan fitur QRIS dari beberapa bank yang ada di Indonesia. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh perceived ease of use dan behavior intention terhadap kepuasan dan keamanan bertransaksi non tunai melalui QRIS melalui aplikasi mobile banking. Hasil analisis menunjukkan bahwa perceived ease of use dan behavior intention memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna saat menggunakan QRIS melalui aplikasi mobile banking. Selain itu, pengaruh perceived ease of use juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keamanan bertransaksi non tunai melalui QRIS melalui aplikasi mobile banking</p> Milla Minhatul Maula Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1900 Mon, 21 Aug 2023 00:00:00 +0000