Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis <p>Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis (Senesis) Magister Manajemen Universitas Pekalongan</p> en-US [email protected] (Mohamad Sidik) [email protected] (Mohamad Sidik) Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KECUKUPAN MODAL, RISIKO KREDIT, EFESENSI OPERASIONAL, LIKUDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRFOFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1902 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel-variabel yang diduga dapat <em>mempengaruhi</em> profitabilitas perusahaan perbankan yang melibatkan variabel kecukupan modal, risiko kredit, efisiensi operasional, likuditas dan ukuran perusahaan. Populasi yang digunakan adalah perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dan alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil kajian menemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap return on assets, dan non performing loan berpengaruh negative signifikan terhadap return on assets. Temuan lainnya adalah capital adequacy ratio berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap return on assets, dan biaya operasional pada pendapatan operasional serta loan to deposits ratio berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap return on assets.</p> Afifah Afiani, Mahirun Mahirun Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1902 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN ROTASI KERJA, TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT PEGADAIAN CABANG PEMALANG https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1903 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kompensasi Lingkungan Kerja Dan Rotasi Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian Cabang Pemalang. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh karyawan PT. Pegadaian cabang Pemalang yang berjumlah 55 orang karyawan dengan menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh jumlah populasi digunakan sebagai sampel penelitian.Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda engan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22 digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. (3) rotasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> Dewi Sinta Wati Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1903 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA APARATUR DESA https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1904 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Ulujami Kabupaten&nbsp; Pemalang. Populasi dan sampel&nbsp; dalam peneltian sebanyak 48 aparatur desa dari empat desa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda engan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22 digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) lingkungan kerja &nbsp;berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> Putri Adzra Afifah Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1904 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH HUMAN RELATION, LEADER MEMBER-EXCHANGE DAN QUALITY WORK OF LIFE TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR BPKAD KOTA PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1905 <p>Kinerja pegawai dituntut untuk memiliki Hubungan Antar Pegawai, Hubungan Atasan dengan Bawahan dan Kualitas kehidupan Kerja yang baik dan profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Hubungan Antar Pegawai, Hubungan Atasan dengan Bawahan dan Kualitas lkehidupan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif dengan populasi penelitian berjumlah 30 orang dengan teknik penarikan sampling jenuh. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp; Hubungan Antar Pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Hubungan Atasan dengan Bawahan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai dan Kualitas Kehidupan Kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai . Penelitian ini membuktikan bukti empiris mengenai&nbsp; pengaruh Hubungan Antar Pegawai, Hubungan Atasan dengan Bawahan dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kinerja Pegawai, sehingga diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai variabel tersebut untuk meningkatkan kinerja pegawai</p> Tegar Purba Pranantya Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1905 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PELATIHAN DAN SERTIFIKASI KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1906 <p>Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dalam sebuah organisasi. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perusahaan dituntut untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian kerja karyawan mereka. Pelatihan, atau dalam konteks PT PLN (Persero), yang dikenal sebagai Pendidikan dan Pelatihan, merupakan salah satu proses penting dalam mengembangkan kompetensi individu. Selain pelatihan, PT PLN (Persero) juga melakukan Sertifikasi Karyawan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Sertifikasi diperlukan agar karyawan mampu menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar kualitas yang berlaku di bidangnya masing-masing. Dalam penelitian ini, terdapat variabel independen, yaitu pelatihan dan sertifikasi. Dan variabel dependennya adalah kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT PLN (Persero) UP3 Pekalongan. Sampel yang dipilih adalah 84 responden dengan menggunakan teknik sensus. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji keseragaman model, uji koefisien determinasi (uji F), dan pengujian hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diketahui bahwa pelatihan dan sertifikasi kompetensi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PT PLN (Persero) UP3 Pekalongan.</p> Istianah Istianah Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1906 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KERJA PEGAWAI DI HONDA PEKALONGAN MOTOR https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1907 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan di Honda Pekalongan Motor. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas kerja karyawan. Lingkungan kerja juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas kerja karyawan.</p> Marisa Zamzamiya Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1907 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KETERLIBATAN KARYAWAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1908 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional, keterlibatan karyawan, dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dari 30 karyawan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Assalaam Pekalongan, dengan pengumpulan data melalui google form, dan data dianalisi degan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif tidak signifikan, keterlibatan karyawan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas, sedangkan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas karyawan.</p> Syamsul Huda Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1908 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPENSASI, KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1909 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implikasi antara kompensasi karyawan, kompetensi karyawan, dan profesionalisme karyawan terhadap kinerja karyawan, khususnya karyawan Puskesmas Buaran di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan sampel sebanyak 50 responden, yang keseluruhannya adalah karyawan Puskesmas di Kabupaten Pekalongan. Data dikumpulkan menggunakan metode survei melalui kuesioner untuk mengukur kompensasi, kompetensi, dan profesionalisme berkaitan dengan kinerja responden. Hasil kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda di mana kompensasi (X1), kompetensi (X2), dan profesionalisme (X3) merupakan variabel independen dan kinerja karyawan (Y) merupakan variabel dependen. Hasil penelitian: Kompensasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, sementara Kompetensi dan Profesionalisme tidak berpengaruh pada kinerja karyawan.</p> Mei Nia Widyaningrum Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1909 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN DISPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOME INDUSTRI BATIK PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1910 <p>Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua 35 karyawan, yang juga digunakan sebagai responden. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) kepemimpinan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan, (2) motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan, (3) disiplin kerja memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> Raisa Rahma Khairuna Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1910 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PROGRAM COACHING, MENTORING, DAN COUNSELING TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UP3 PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1911 <ol> <li>PLN (Persero) UP3 Pekalongan mengoptimalkan kinerja karyawannya dengan menerapkan program CMC (Coaching, Mentoring, Counseling) kepemimpinan, dimana seorang pimpinan membantu karyawan yang mengalami kesulitan, memotivasi, selalu memperhatikan karyawan dalam bekerja, serta menjadi role model bagi para karyawan. Kinerja pegawai merupakan faktor penting bagi sebuah perusahaan karena memiki dampak langsung pada keberhasilan dan produktivitas perusahaan. Maka penting bagi manajemen untuk mengembangkan strategi yang mendukung pengembangan keterampilan dan peningkatan kinerja pegawai. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah melalui implementasi program CMC (Coaching, Mentoring, Counseling). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program CMC (Coaching, Mentoring, Counseling) atasan dalam mendukung kinerja karyawan di PT PLN (Persero) UP3 Pekalongan. Penelitian ini dengan menggunakan alat analisis regresi berganda untuk menganalisis data-data primer yang berupa kuesioner-kuesioner yang telah diisi oleh para responden. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : Coaching dan Mentoring berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan PT PLN (Persero) UP3 Pekalongan dan Counseling berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PT PLN (Persero) UP3 Pekalongan.</li> </ol> Riyanti Riyanti Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1911 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH LINGKUNGAN INTRINSIK DAN MOTIVASI INTRISTIK TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN BATIK TULIS PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1912 <p>Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan intrinsic dan motivasi intrisik terhadap produktifitas dengan menggunakan 75 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan intrinsic berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktifitas kerja karyawan. baik secara parsial dan motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.</p> Misbakhul Bisri Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1912 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG PEMALANG (STUDI KASUS PADA UPC PEGADAIAN ULUJAMI) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1913 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Pegadaian (PERSERO) Cabang Pemalang (Studi Kasus Pada UPC Ulujami) Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian Cabang Pemalang UPC Ulujami. Populasi dalam peneltian ini adalah nasabah PT. Pegadaian Cabang Pemalang UPC Ulujami yang berjumlah 1250 orang dengan sampel penelitiaan sejumlah 95 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22 digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan&nbsp; hasil penelitian&nbsp; ini menunjukkan&nbsp; bahwa,&nbsp; (1) kualitas layanan&nbsp; berpengaruh&nbsp; signifikan&nbsp; terhadap&nbsp; loyalitas&nbsp; nasabah.&nbsp; (2) brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. (3) kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. (4) kualitas layanan, brand image, kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.</p> Dewi Sinta Wati, Siti Nurhayati Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1913 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH E-WOM, E-SERVICE QUALITY, EASE OF USE, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (STUDI PADA BUKALAPAK DI PEKALONGAN DAN SEKITARNYA) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1914 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Electronic word of mouth, Electronic service quality, Ease of use terhadap keputusan pembelian Bukalapak di Pekalongan dan sekitarnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 100 responden. Responden diambil dari pengguna Bukalapak di Pekalongan dan berumur 17 tahun ke atas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis regresi berganda uji asumsi klasik, uji t, dan uji R<sup>2</sup> square, menggunakan SPSS V.20. Hasil pengujian langsung menunjukkan hasil E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, E-Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> Laelatul Maulida Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1914 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PT PLN (PERSERO) ULP PEKALONGAN KOTA) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1915 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui dan menganalisis pengaruh <em>Efficiency, Reliability, Fulfillment </em>dan<em> Privacy </em>terhadap kepuasan. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi PLN mobile. sampel penelitian sebanyak 30 orang responden. alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa <em>efficiency</em> (X<sub>1</sub>), <em>Reliability </em>(X<sub>2</sub>), <em>Fullfilment </em>(X<sub>3</sub>) dan <em>Privacy </em>(X<sub>4</sub>) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.</p> Riyanti Riyanti, Danang Satrio Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1915 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN (STUDI DIPUSKESMAS BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1916 <p>Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah SPSS dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, koefisien determinasi, uji t dan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan metode regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variabel Daya tanggap dan Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kehandalan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Bukti Langsung berpengaruh tidak positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien.</p> Mei Nia Widyaningrum, Siti Nurhayati Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1916 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK , KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMODERASI MINAT BELI https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1917 <p>Setiap usaha atau perusahaan akan menarik konsumen untuk membeli produknya. Dengan memunculkan minat beli diusahakan dapat menjadikan konsumen mengambil keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Perkembangan dunia usaha membuat pengusaha menampilkan produk terbaiknya dengan layanan, serta keterjangkauan konsumen dalam segi harga. Oleh karena itu setiap pengusaha harus menempatkan diri terhadap kemampuan dalam menarik keputusan pembeli sehingga dapat berhasil dalam menjalankan kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan yang dimoderasi minat beli terhadap keputusan pembelian di kawasan kuliner gemek kedungwuni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan kuisioner. Sampel penelitian berjumlah 110 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.melalui uji <em>inner model</em> dan <em>outer model</em>, Bootstrapping, dan PLS Predict.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) harga dan kualitas produk, tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) minat beli tidak berpegaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dimoderasi minat beli.</p> Nurul Hasan, Danang Satrio Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1917 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 STRATEGI PENGEMBANGAN TAMAN NURSERY HORTIKULTURA SEBAGAI EDU-EKOWISATA DI KOTA PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1918 <p>Taman Nursery Hortikultura Pekalongan sebagai destinasi wisata yang menarik dan edukatif, memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi salah satu sumber pendapatan daerah, sarana edukasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Taman Nursery Hortikultura menjadi taman Edu-ekowisata yang dapat mendukung pelestarian alam, serta memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan alat analisis SWOT. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi serta penyebaran kuesioner ke DLH, Dinparbudpora, Dinas Pendidikan, Dinarpus, DPMPPA, Dinperpa, Bappeda, camat, lurah, tokoh masyarakat, masyarakat dan pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan strategi pengembangan Taman Nursery Pekalongan antara lain (1) Pemanfaatan sarana prasarana untuk menunjang Edu-ekowisata, seperti pemanfaatan Green House sebagai ruang budidaya hortikultura; pemanfaatan Gedung Bundar untuk ruang multimedia pembelajaran hortikultura, dikelilingi showroom produk hortikultura (buah, sayur, produk olahan); pemanfaatan keliling luar Gedung Bundar sebagai area kuliner; optimalisasi fungsi Perpustakaan Ceria; pemanfaatan ruang terbuka untuk pembelajaran luar sekolah, (2) Penyediaan Ruang Penangkaran Burung. (3) Penyediaan sarpras budidaya tanaman, unggas dan ikan dengan sistem 4 in 1, (4) Rintisan sebagai Ruang Bermain Ramah Anak, dan (5) Pelibatan Organisasi Perangkat Daerah terkait dan swasta dalam pengelolaan taman.</p> Adi Usnan Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1918 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN SUKU BUNGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1919 <p>Informasi kinerja keuangan sektor perbankan sangat diperlukan bagi investor sebagai bahan pertimbanagn dalam berinvestasi pada sektor perbankan. Rasio likuiditas yang diukur menggunakan <em>loan to deposit ratio</em> merupakan salah satu rasio yang mengukur kinerja likuiditas bank. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara <em>loan to deposit ratio</em> (LDR) terhadap <em>return</em> saham pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesian (BEI) dari tahun 2020 hingga tahun 2022. Selain itu, penelitian ini juga menganlisis peranan suku bunga sebagai variabel moderasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa <em>loan to deposit ratio</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>return</em> saham. Suku bunga juga tidak berhasil memoderasi pengaruh <em>loan to deposit ratio </em>terhadap <em>return</em> saham. Penelitian ini berkontribusi sebagai rujukan bagi sektor perbankan dalam mengelola kredit dan dana pihak ketiganya. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi rujukan bagi pihak ototritas perbankan dalam menentukan kebijakan terkait rasio likuiditas bank.</p> Meliza Meliza, Alfin Rizka Defa Syahputra, Didha Putri Citradika Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1919 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH STRESS, QUALITY OF WORK LIFE DAN WORKLIFE BALANCE TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. MERDEKA DWI PUTRA https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1920 <p>Kinerja karyawan adalah elemen krusial dalam kesuksesan organisasi, terutama di tengah dinamika perubahan bisnis. Manajemen yang efektif perlu diterapkan untuk memahami dan mengoptimalkan kinerja karyawan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh stress, quality of work life dan worklife balance terhadap kinerja karyawan CV. Merdeka Dwi Putra. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 80 karyawan terhitung pada agustus 2023 dengan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 45 responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah pengujian instrumen validitas dan reliabilitas, uji kelayakan model (goodness of fit test), analisa regresi linier berganda dan uji hipotesis ( uji t test) menggunakan program SPSS v23. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan variabel stress terhadap kinerja karyawan CV. Merdeka Dwi Putra, ada pengaruh positif dan signifikan variabel quality of work life terhadap kinerja karyawan CV. Merdeka Dwi Putra, dan ada pengaruh positif dan signifikan variabel worklife balance terhadap kinerja karyawan CV. Merdeka Dwi Putra.</p> Besar Setya Edy Pamungkas, Zahro Zahro, Ari Muhardono Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1920 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH HARGA, LOKASI DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (STUDI KASUS OBJEK WISATA PAGILARAN KABUPATEN BATANG) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1921 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, dan persepsi keamanan terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata Pagilaran Kabupaten Batang. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung Objek Wisata Pagilaran Kabupaten Batang, sehingga populasi dalam penelitian ini tidak terbatas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengunjung objek wisata pagilaran, menggunakan teknik sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata Pagilaran Kabupaten Batang, (2) Lokasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata pagilaran Kabupaten Batang dan (3) Persepsi Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata Pagilaran Kabupaten Batang.</p> Miladiya Nur Khudzfuroyya, Choliq Sabana, Wenti Ayu Sunarjo Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1921 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) SEBAGAI ALAT TRANSAKSI DIGITAL PADA KONSUMEN DI ROTI QU BATANG https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1922 <p>Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan data primer. Data diambil melalui kuesioner yang disebar kepada responden konsumen Roti Qu Batang, sampel menggunakan penghitungan model rumus slovin yaitu sejumlah 32 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah memenuhi syarat uji asumsi klasik dan juga telah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t dan f serta uji R<sup>2</sup>. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Secara Uji t, Manfaat (X<sub>1</sub>) mempengaruhi variabel Keputusan Penggunaan (Y) secara signifikan, namun Kemudahan (X<sub>2</sub>) dan Risiko (X<sub>3</sub>) tidak mempengaruhi variabel Keputusan Penggunaan (Y) secara signifikan. Disisi Uji f didapat Manfaat (X<sub>1</sub>), Kemudahan (X<sub>2</sub>) dan Risiko (X<sub>3</sub>) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Penggunaan (Y) secara bersama.</p> Muhammad Afif Maulana Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1922 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN RITEL PADA TOKO MUNA KONVEKSI PEKALONGAN https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1923 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi bauran pemasaran ritel pada Toko Muna Konveksi – Pekalongan. Teori utama yang digunakan sebagai acuan adalah teori [1] bauran pemasaran ritel yang secara umum digunakan oleh para pelaku usaha ritel. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Adapun dalam mentukan sampel, penulis menggunakan teknik random sampling sebanyak 5 orang. Berdasarkan pembahasan penelitian terdahulu kemudian menghubungkannya dengan <em>grand theory</em> penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Toko Muna Konveksi – Pekalongan telah menerapkan strategi pemasaran tetapi tidak menyeluruh dan efektif. Artinya perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif seperti melakukan promosi dan memberikan pelayanan yang mengikuti perkembangan teknologi. Perusahaan juga disarankan untuk menyesuaikan harga produk dengan spesifikasi produk yang sesuai dengan produk yang dimiliki oleh perusahaan dan dengan beberapa ketentuan sesuai dengan kebijakan perusahaan serta mempertimbangkan harga yang ditentukan oleh pesaing.</p> Ahmad Khanafi Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1923 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000