KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM DI KEC. PANGKATAN

  • Lia Safitri Universitas Labuhanbatu
  • Listia Rahma Yuni Universitas Labuhan Batu
Keywords: kualitas pelayanan, kualitas produk, harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan Jw Cafe Pangkatan minimal dua kali atau lebih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dengan menyebar angket melalui kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda analisis. Hasil penelitian menunjukan variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, lokasi dan fasilitas secara bersamaan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Variabel dari kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel lokasi dan fasilitas berpengaruh positif dan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya pemilik JW Cafe terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk mulai dari cita rasa dan porsi yang pas dan juga meningkatkan kualitas pelayanan hal ini di lakukan agar pelanggan terus merasa puas dan akan datang kembali

Author Biographies

Lia Safitri, Universitas Labuhanbatu

Universitas Labuhanbatu

Listia Rahma Yuni, Universitas Labuhan Batu

Universitas Labuhan Batu

Section
Articles