PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI MAKANAN DI KECAMATAN JATITUJUH

  • R. Neny Kusumadewi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka
  • Melia Wida Rahmayani Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka
  • Muhammad Mahfudin Fasha Universitas Majalengka
  • Ikke Nur Eliza Universitas Majalengka
  • Tiara Puji Lestari Universitas Majalengka
Keywords: Strategi Bisnis, Media Sosial, Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada industri makanan di kecamatan Jatitujuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis dan media sosial terhadap keunggulan bersaing pada industri makanan di Kecamatan Jatitujuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 400 pelaku usaha makanan di Kecamatan Jati Tujuh. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 pelaku usaha makanan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber pengumpulan datanya menggunakan data primer. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji kelayakan model dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi usaha pelaku usaha industri makanan di Kecamatan Jatitujuh berada pada kategori baik, media sosial bagi pelaku usaha industri makanan di Kecamatan Jatitujuh berada pada kategori sangat baik, dan keunggulan bersaing pelaku usaha industri makanan di kecamatan Jatitujuh berada pada kategori tinggi. Sedangkan secara parsial strategi bisnis berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan media sosial berpengaruh signifikan media berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing

Author Biographies

R. Neny Kusumadewi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka

Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka

Melia Wida Rahmayani, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka

Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Majalengka

Section
Articles